10 Warna Cat Rumah Sederhana, Bikin Ruangan Makin Cozy!
Sumber gambar: alicebakker.nl

Warna Cat Rumah Sederhana – Pernah nggak sih merasa bosan dengan suasana rumah? Tak nyaman dan ingin mengganti konsep interior designnya namun kamu super sibuk sekali. Memang, kalau makeover ruangan secara keseluruhan pasti akan memakan waktu. Bagaimana bila kamu hanya mengubah warna cat rumah saja? Pilihan warna yang tepat bisa membuat suasana ruangan di rumah terasa lebih cozy, sebab sebuah warna memiliki efek psikologi tersendiri.

Varian Warna Cat Rumah Paling Direkomendasikan

Namun jangan sampai kamu salah pilih warna ya. Alih-Alih merasa nyaman, malah bisa membuat sumpek apalagi untuk rumah minimalis. Oleh sebab itulah, kali ini interiorloka akan memberikan pilihan warna cat rumah sederhana untuk space ruangan yang berukuran minimalis. Simak ulasan berikut ini!

1.      Warna Cat Beige, Netral dan Memberi Kesan Hangat

warna cat rumah

Sumber gambar: roomdsign.com

Warna beige memang tak pernah lekang oleh zaman. Pilihan warna cat yang sederhana dan bisa memberikan kesan hangat pada sebuah ruangan. Tak terlalu gelap, tak terlalu terang, cocok sekali untuk kamu yang menyukai warna basic. Kamu pun bisa mengkombinasikan dengan warna-warna netral lainnya seperti putih atau abu muda. Agar tidak terlalu monoton, berikanlah sentuhan dekoratif seperti lukisan yang digantung di dinding atau tanaman hias yang bisa memberi kesan natural.

2.      Cat Rumah Warna Peach yang Penuh Kelembutan

Efek psikologi kelembutan, itulah yang dimiliki oleh warna peach. Sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat rumah terasa lebih homy dan tidak sumpek. Peach bisa menjadi pilihan warna cat rumah sederhana yang netral bahkan bisa dikombinasikan dengan konsep interior lebih modern.

cat rumah

Sumber gambar: domino.com

Kamu bisa mengaplikasikan warna cat rumah ini pada seluruh ruangan atau sebagian ruangan saja. Namun paling cocok memang untuk kamar tidur apalagi bila disandingkan dengan lampu tidur yang berwarna kekuningan, istirahatmu akan makin berkualitas.

3.      Ungu Soft, Elegan dan Modern

Menyulap rumah minimalis jadi tampak lebih modern? Bisa banget dong, salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan warna cat dinding yang tepat seperti ungu soft. Warna ini bisa memberikan kesan elegan bahkan lebih modern. So, cocok sekali untuk kamu yang memang ingin mengikuti gaya interior sesuai dengan perkembangan zaman.

ungu soft

Sumber gambar: on.forbes.com

Agar semakin bergaya, gunakanlah perabotan yang memiliki elemen warna emas. Jangan terlalu dominan sebab warna tersebut sudah cukup mencolok. Misal sebuah meja yang bagian lis nya dikelilingi oleh elemen emas, atau bisa juga dengan menerapkan model lampu ala American style. Sementara itu, agar ruangan minimalis bisa tetap terasa luas pemilihan furniturenya juga harus diperhatikan ya, sebaiknya pilih yang memiliki kaki agak jenjang sehingga space ruangan tidak terasa sumpek dan debu pun mudah dibersihkan.

4.      Hijau Mint, Warna Cat Rumah Sederhana yang Bisa Jadi Pemulih Energi

warna cat interior

Sumber gambar: hgtvhomebysherwinwilliams.com

Saat fisik dan psikis sudah lelah karena beraktivitas di luar rumah maka sesampainya di rumah kamu tentu ingin merasa nyaman beristirahat untuk memulihkan energi agar bisa fresh kembali. Namun ada saja sebagian orang yang malah merasa kurang sreg beristirahat di rumah sendiri, alasannya tentu bermacam-macam. Salah satunya bisa saja karena pemilihan cat rumah mu kurang tepat? Interiorloka sangat merekomendasikan warna hijau mint apalagi bagi kamu yang ingin menjadikan rumah sebagai tempat recovery atau healing.

5.      Warna Cat Kuning, Super Optimis dan Ceria

Cat rumah minimalis tampak depan warna cerah, bisa memberikan energi positif pada sebuah rumah. Pilihan warna yang bisa digunakan adalah kuning sebab memiliki efek psikologis super optimis dan ceria. Cocok sekali untuk kamu yang berkepribadian energik! Agar tidak terlalu membosankan, kombinasikan dua warna yang sama-sama memiliki kesan netral.

cat warna kuning

Sumber gambar: parsleyofhappiness.com

Berikan juga sentuhan dekorasi yang sesuai dengan konsep interior rumahmu. Tak hanya itu saja, kalau kamu bisa memilih furniture yang tepat, bukan tidak mungkin kesan mewah pada rumah minimalis akan sangat nampak.

6.      Warna Cat Rumah Dominan Putih, Terasa Luas dan Clean

cat rumah interior

Sumber gambar: wattpad.com

Putih adalah salah satu warna cat rumah yang banyak diaplikasikan pada ruangan minimalis. Sebab warna ini memiliki daya reflektif atau pantul sehingga ruangan pun terasa lebih luas dan clean. Putih juga sangat netral sekali, kamu bisa dengan mudah mengkombinasikan dengan warna-warna lain baik yang strong atau soft. Untuk dekorasinya pun bebas mengeksplor apa yang kamu sukai, seperti membuat galeri mini di atas credenza atau menggantung lukisan abstrak yang akan membuat suasana ruangan terasa lebih hidup.

7.      Cat Rumah Merah Muda, Girly dan Lembut

warna cat rumah

Sumber gambar: palmbeachlately.com

Selera tiap orang memang berbeda-beda, oleh sebab itulah interiorloka merekomendasikan cat rumah warna merah muda bagi kamu yang ingin menampilkan sisi girly. Warna ini sangat disukai oleh perempuan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan karakter. Netral dan tampak cantik seperti blush, sangat bisa diaplikasikan pada rumah-rumah minimalis.

8.      Biru Dongker atau Navy, Menumbuhkan Kreativitas dalam Berpikir

Biru Dongker atau navy adalah warna yang strong, berbeda dengan beberapa warna cat rumah sederhana yang sebelumnya sudah direkomendasikan yakni lebih soft. Karakter yang kuat terpancar dalam warna cat rumah satu ini, bahkan untuk efek psikologis nya sangat positif, bisa menumbuhkan kreativitas dalam berpikir.  

Sumber gambar: essentialhome.eu

Agar tidak terkesan gelap, kamu bisa mengkombinasikan biru dongker dengan warna putih. Pemilihan lampu nya pun harus yang lebih terang ya, akan lebih baik bila memiliki jendela berukuran besar sebab  memberikan pencahayaan alami di siang hari. Selain dari sentuhan dekoratif, suasana ruangan bisa makin hidup saat disandingkan dengan elemen bernuansa kayu bisa pada perabot, lantai atau atap.

9.      Warna Cat Abu Glossy, Minimalis yang Modern

cat rumah

Sumber gambar: stylecaster.com

Menyulap ruangan minimalis jadi lebih modern dengan mengubah warna cat rumah? Bisa banget. Aplikasikan warna cat rumah abu yang agak berbeda karena diberikan finishing glossy, menampilkan kesan kilat serta bisa memantulkan cahaya lampu dan membentuk bayangan pada dinging. Sederhana tapi tetap modern dan super keren.

10.  Cat Rumah Warna Light Khaki yang Terkesan Lebih ‘Neat’

warna cat

Sumber gambar: homebunch.com

Light Khaki, mungkin biasanya kita melihat warna tersebut pada sebuah kain celana. Umumnya orang yang aktif dan harus selalu berpenampilan ‘neat’ akan memilih warna tersebut untuk digunakan. Nah, bukan cuman hanya pada kain, ternyata light khaki juga cocok banget nih diaplikasikan untuk warna cat rumah sederhana yang minimalis. Selain ‘neat’, rumah juga akan terasa lebih modern biarpun ukurannya tidak terlalu besar. Apalagi bila dipadukan dengan pemilihan furniture yang tepat.

Oke, itulah inspirasi warna dari Interiorloka yang bisa kamu pilih bila ingin melakukan make over pada cat dinding. Secara umum, warna cat rumah sederhana yang direkomendasikan adalah yang terkesan lebih netral agar kamu bisa dengan mudah mengeksplorasi dalam segi dekorasi atau penataan furniture. 

Yuk sekarang saatnya ganti cat dinding rumahmu agar bisa makin cozy!

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist