6 Desain Kitchen Set Dapur yang Kekinian, Coba Terapkan Yuk!

Membuat kitchen set dapur bukan hanya bisa memaksimalkan fungsi area penyimpanannya saja. Namun lebih dari pada itu, kehadiran kitchen yang tertata bisa meningkatkan mood penggunanya. Apalagi nilai estetika kerap dimunculkan dan bisa membuat aktivitas di dapur makin nyaman.

Mungkin bagi sebagian ibu rumah tangga, dapur merupakan ruangan paling penting bila dibandingkan ruangan-ruangan lain di rumah. Tak heran bila ada saja yang secara maksimal mencurahkan perhatiannya pada pemilihan konsep dapur.

Desain Kitchen Set Dapur Kekinian

Bila kamu sedang berencana untuk membuat kitchen set dan masih mencari konsep desain yang cocok, beberapa desain hits dan kekinian berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi!

1.    Kitchen Set Minimalis, Nuansa Sederhana & Clean

Kitchen Set Minimalis merupakan salah satu gaya interior yang cukup diminati dan memang sangat sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia yang penuh dengan kesederhanaan. Dari segi tampilan pun Nampak cantik dan rapi. Minimalist akan lebih memaksimalkan fungsi sehingga minim elemen dekorasi.

Sumber gambar: lickr.com

Warna-warna yang dipilih pun cenderung netral dan menggambarkan kebersihan seperti warna putih. Bagian detail kitchen kabinetnya pun cukup sederhana, tanpa menggunakan handle namun memilih menggunakan model push on.

2.    Kitchen Set Scandinavian Membuat Dapur Terasa Lebih Luas

Scandinavian, sebuah konsep desain yang diadopsi dari gaya Swedia dan Norway. Cenderung memiliki kesamaan dengan gaya minimalis yang menampilkan kesederhanaan, pemilihan warnanya pun didominasi warna netral.

milkandconfetti.com

Elemen serat kayu pun kerap diterapkan pada gaya dapur ini. Baik di bagian lantai, atau, top table, atau cabinet. Susunan rak atau kitchen kabinetnya juga sangat simple, tak banyak perabotan sehingga Nampak rapih. Penggunaan gaya Scandinavian pada dapur berukuran kecil pun bisa memberikan efek luas pada sebuah ruangan.

3.    Kitchen Set Industrial, Unik & Kreatif

Industrial, sebuah konsep desain yang terinspirasi dari suasana pabrik. Menampakan sisi kreatif dari si pengguna sebab elemen-elemen yang ditonjolkan sangatlah unik bahkan berbeda dengan desain-desain sebelumnya. Dinding dan lantai yang terekspos menjadi salah satu keunikan yang sangat terlihat. Unsur logam dan besi juga kerap dijadikan sebagai aksen utama dalam penerapan desain industrial.

Sumber gambar: idntimes.com

Sementara itu warna-warna yang dipilih pun masih dalam warna netral namun nampak kuat dipadukan dengan unsur kayu pada cabinet dapur.

4.    Kitchen Set Rustic, Perpaduan Tradisional dan Modern

Konsep interior rustic merupakan sebuah desain yang akan menonjolkan nuansa tradisional namun tetap modern. Beberapa elemen vintage pun kerap dijadikan sebagai dekorasi pendukung yang selalu ada. Pada gaya interior ini biasanya dari pemilihan material pun cukup berbeda yakni memiliki material alam seperti kayu, marmer atau granit. Sebuah ruangan yang menerapkan rustic biasanya akan terasa lebih hangat dan homey, begitu pun pada dapur.  

visitmysmokies.com

Menerapkan konsep interior dapur bergaya rustic juga sebetulnya cukup mudah. Apalagi bila kamu pada dasarnya menyukai gaya vintage dan nuansa tradisional. Untuk material kabinetnya bisa menggunakan material kayu dengan finishing yang masih memperlihatkan serat kayunya yang sangat jelas terlihat.

Beberapa gantungan perlengkapan dan peralatan dapur sengaja dibuat untuk space penyimpanan yang terbuka. Berbeda sekali dengan minimalis atau Scandinavian yang benar-benar meminimalisir space terbuka seperti rustic. Tambahan lampu gantung biasanya bukan hanya dijadikan sebagai penerangan saja namun bisa menambah kesan estetik dan dekoratif yang unik. Gunakan top table yang terbuat dari marmer atau granit agar semakin match.

5.    Kitchen Set Klasik ala American Style

Kitchen bergaya klasik ala American Style juga menjadi idaman para ibu rumah tangga. Tampilannya nampak modern, mewah dan elegan, biasanya digunakan pada dapur-dapur yang berukuran agak besar. Bila dibandingkan dengan minimalis atau Scandinavian, harga kitchen set klasik akan lebih mahal ini karena dipengaruhi oleh pemilihan material serta lama produksinya. Seperti finishing yang menggunakan cat duco atau sayerlack prosesnya akan menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan hanya menggunakan finishing HPL.

Desain klasik juga sangat memperhatikan pada detail kitchen cabinet. Lekungannya, handle yang digunakan sampai dominan warna serat kayu yang dipilih. Agar nampak selaras, top table atau meja dapur pun menggunakan bahan-bahan alam seperti marmer atau granit. Pada kitchen cabinet juga ada cukup banyak slot penyimpanan entah berbentuk laci, pantry atau storage.

Area ruang makan yang berada di dalam dapur juga menjadi ciri khas lain dari American Style. Tak heran bila dapur konsep ini mampu menciptakan suasana yang lebih kekeluargaan.

6.    Kitchen Set Japandi, Dapur Gaya Baru yang Sedang Hits

Japandi merupakan sebuah konsep interior yang merupakan perpaduan dari Japanese Style dan Scandinavian. Sebuah konsep baru yang sedang hits dan mulai banyak diterapkan oleh hunian-hunian modern yang ingin menampilkan kesan elegan, clean, estetik, luas, hingga hangat. ‘’Wabi-Sabi’’ merupakan sebuah istilah yang diusung dan dijadikan pedoman dalam menata ruangan berkonsep Japandi, memiliki makna penerimaan terhadap ketidaksempurnaan. Oleh sebab itulah, Japandi akan cenderung mengarah pada nilai kesederhanaan.

roomclip.jp

Warna-warna kayu pada kitchen cabinet kerap dipilih untuk menampilkan kesan alami. Biasanya kayu muda atau light wood sehingga ruangan pun terasa lebih cerah. Di samping warna, desain kitchen cabinetnya juga harus simple dan fungsional serta tak memiliki desain yang rumit.

Japandi juga lebih menitikberatkan pada keseimbangan hidup si pengguna. Jadi, beberapa unsur alam yang nyata kerap dihadirkan pada sebuah ruangan. Seperti menempatkan tanaman hias berukuran sedang. Kalaupun ingin menggunakan elemen dekorasi, tetap dibatasi jangan sampai berlebihan.

Tips Menentukan Gaya Kitchen Set yang Cocok untuk Dapurmu

Di atas sudah dipaparkan beberapa konsep desain yang sangat bisa digunakan pada dapur-dapur modern dengan berbagai macam ukuran. Lantas, bagaimana sih tips menentukan gaya kitchen set yang cocok untuk dapurmu?

Pertama, sudah jelas kamu harus tau berapa ukuran ruangan dapur secara detail. Sebab bila ukurannya minimalis akan sulit bisa untuk menerapkan konsep American Style, sebagai gantinya bisa menggunakan Scandinavian, minimalist, atau industrial.

Kedua, memilih model atau bentuk dapur. Sebelumnya pada artikel ini sudah dijelaskan mengenai beberapa model kitchen set, kamu bisa coba memilih model mana sih yang sekiranya cocok untuk ukuran dan bentuk dapurmu? Agar proses pembuatan kitchen nantinya akan lebih mudah dilakukan.

Menata dapur sebenarnya susah-susah gampang. Oleh sebab itulah kamu harus berkonsultasi pada jasa custom dapur professional apalagi bila ingin mendapatkan hasil sesuai keinginan. Jadi, kapan nih mau berkonsultasi untuk kebutuhan interior dapurmu?

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist