6 Material Pilihan untuk Top Table Kitchen Set

Top Table – Pembuatan kitchen set untuk dapur memang tidak bisa sembarangan. Apalagi bila kita ingin kitchen bertahan dalam waktu lama. Hal paling utama yang harus dipertimbangkan adalah memilih material yang sesuai, khususnya untuk top table. Bagian atas kitchen yang akan berpengaruh pada desain dapur hingga kenyamanan saat memasak.

kitchen set
solidsurfaceindonesia.com

Material Top Table Kitchen Set

Nah, agar kamu tidak bingung mau menggunakan material apa untuk top table kitchen set, berikut ini Interior Loka paparkan 6 material pilihan yang mungkin salah satunya bisa kamu aplikasikan pada dapurmu. Simak yuk!

1.    Granit

Granit merupakan material yang paling sering digunakan. Tentu bukan tanpa alasan kenapa orang-orang banyak memilih material satu ini. Granit terkenal akan kekuatannya karena berasal dari batuan alam. Tampilannya tidak polos, memiliki banyak pilihan corak yang bisa membuat kitchen set tampak lebih elegan dan mewah.

statically.io

Memang sih harganya terbilang mahal, namun kualitasnya sangat terjamin sebab bisa bertahan dalam waktu yang lama. Saat disentuh bagian permukaannya akan selalu terasa sejuk meski di bagian atasnya kita letakkan kompor untuk memasak. Granit juga tahan terhadap goresan. Di samping itu, karena cukup berat maka kamu harus memastikan bahwa kekuatan cabinet kitchen set mampu menopang top table granit.

2.    Marmer

Material yang juga berasal dari batu alam adalah marmer. Populer akan tampilannya yang luxury, dan mampu menampilkan keindahan alami. Marmer sangat bisa menyesuaikan dengan berbagai konsep desain ruangan, bahkan bisa menambah kesan artistic pada desain tersebut. Banyak hunian-hunian modern memilih marmer untuk diterapkan pada kitchen set, baik hunian berukuran kecil maupun besar.

marbel
rancangmebel.com

Di samping tampilannya yang menarik perhatian ternyata marmer memiliki sedikit kekurangan yakni dari bagian pori-porinya yang besar dan mudah menyerap noda. Oleh sebab itulah bila terkena tumpahan air atau cipratan noda saat memasak dan kamu tak langsung membersihkannya maka noda tersebut bisa cepat menyerap.

3.    Solid Surface

Bila sebelumnya kamu diperkenalkan dengan material batu alam, maka kali ini kamu akan diperkenalkan dengan material buatan bernama Solid Surface. Bahan utamanya adalah resin dan akrilik, lalu dicetak menggunakan ukuran, bentuk serta berbagai macam warna.

solid surface
mpirefab.com

Tekstur permukaannya juga tak berpori sehingga noda tak mudah menyerap. Tampilannya sangat elegan bahkan mewah, dari segi harga pun bisa lebih murah dibandingkan batu alam.

4.    Kayu Solid

Kayu solid merupakan material yang mempunyai tampilan kayu alami dan bisa memberikan kesan hangat serta natural pada sebuah ruangan, termasuk dapur. Kayu solid sangat cocok diterapkan pada top table dapur kering atau yang tidak digunakan untuk memasak dan mencuci piring. Sementara untuk dapur kering sangat tidak disarankan karena solid tidak terlalu tahan pada kondisi ruangan yang lembab serta mudah terkena goresan benda tajam.

counter top
builder.id

Bahkan bila sering terpapar air,  biasanya kayu solid akan cenderung berubah warna dan berjamur. Apalagi bila terkena panas berlebihan, lama kelamaan bentuknya akan berubah dan bisa melengkung.

5.    Multipleks

Ingin menata dapur sebaik mungkin namun terkendala dengan budget? Sebenarnya bila memiliki budget minim, kamu masih bisa kok membuat tampilan kitchen set eye catching, termasuk melalui top tabelnya. Salah satu pilihan material yang lebih ekonomis adalah yang terbuat dari material multipleks finishing HPL atau Duco. Bila menggunakan HPL, kamu bisa diuntungkan dengan banyaknya pilihan warna, tekstur hingga motif.

kitchen sisland
pinterest

Bahkan kalau hanya ingin mendapatkan kesan tampilan granit atau marmer saja, kamu bisa memilih yang motifnya mirip. Namun tentu bila dari segi kekuatan, batu alam asli yang akan lebih kuat. Hanya saja, bila perawatan multipleks tepat, bukan tidak mungkin ketahanannya bisa sama dengan batu alam granit atau marmer.

6.    Beton dan Keramik

beton keramik
pinterest

Material terakhir juga dianggap lebih ekonomis, apalagi bila dikerjakan pada awal pembangunan sebuah rumah. Beton dan keramik juga tahan lama dan minim perawatan. Kebanyakan keramik pun memiliki kelebihan anti gores, jadi kamu tak perlu khawatir. Bila pemilihan motifnya tepat, tampilan kitchen set pun akan semakin indah.

Tips Memilih Material Top Table untuk Kitchen Set

Sebelum benar-benar mengaplikasikan salah satu material di atas untuk pembuatan top table, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan dan bisa sangat bermanfaat.

1.    Tentukan Budget dan Kebutuhan Top Table

Tips pertama adalah menentukan budget top table serta kebutuhan kedepannya. Apakah top table akan digunakan di area dapur basah atau kering? Sebab ada material yang tidak cocok bila diaplikasikan pada dapur basah. Nah, bila menentukan budget berdasarkan area maka dapur kering cenderung bisa diterapkan material yang lebih ekonomis seperti multipleks.

Sementara kalau untuk dapur basah karena akan sering digunakan untuk aktivitas memasak hingga mencuci maka sangat disarankan memilih material yang kuat, tahan terhadap panas serta kondisi lembab.

2.    Pilih yang Bisa Menyesuaikan dengan Konsep Interior Dapur

Tiap material memiliki kesan tersendiri saat dipadu padankan dengan sebuah konsep desain interior. Kalau untuk interior minimalis, Scandinavian atau modern, kamu bisa menggunakan granit, solid surface atau marmer. Kalau untuk konsep klasik ala American Style maka kayu solid sangat direkomendasikan.

3.    Mengetahui Cara Perawatan Top Table

Proses perawatan setelah top table terpasang harus sekali kamu lakukan. Kamu ingin dong top table tersebut bisa awet dalam waktu lama? Rawatlah sesuai karakter materilnya. Misal, untuk marmer yang memiliki pori-pori besar maka kamu harus bisa mengatasi secepat mungkin saat ada noda atau tumpahan air. Bersihkan dengan lap dan cairan pembersih khusus. Atau bila materialnya adalah kayu solid maka hindari terkena panas berlebihan serta situasi ruangan yang lembab.

4.    Berkonsultasi pada Jasa Desain Interior

Tiap ruangan memiliki karakter kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Terkadang pemilik rumah tidak bisa memahami hal tersebut karena memang tidak paham. Berkonsultasi pada jasa desain interior profesional bisa menjadi keuntungan tersendiri. Apalagi bila kamu ingin membuat kitchen set mulai dari awal.

Itulah pembahasan mengenai 6 material pilihan untuk top table kitchen set. Artikel ini bisa sangat membantu untuk orang-orang yang masih awam dengan material-material kitchen set.

Bila artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya! 

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist