Dapur Banyak Rayap, Bagaimana Cara Mengatasinya Jika Ingin Membuat Kitchenset?

Kayu memang menjadi material terpenting dalam sebuah hunian, kehadirannya bisa membuat rumah berkesan natural dan terlihat adem. Namun sayangnya perabotan yang terbuat dari kayu dapat menjadi sarang rayap di rumah dimana rayap merupakan jenis serangga yang membangun koloni dan berkembang biak dengan cepat.

Nah sebaiknya kita cari tahu dulu yuk mengenai indikasi penyebab kehadiran rayap dirumah.

1. Adanya Rongga di Beberapa Bagian Rumah

Kompas.com

Rayap yang bentuknya sangat kecil bisa menghancurkan aset hunian terutama pada bagian-bagian hunian yang terbuat dari kayu seperti kusen, kuda-kuda, meja, lemari, bahkan tempat tidur. Ternyata kehadiran Rayap ini bisa menembus tembok yang tebalnya beberapa centimeter melalui celah kecil baik itu dari celah kayu, pipa ledeng, saluran pembuangan air dan celah-celah pondasi.  Jika rumah memiliki banyak rongga segera lakukan perbaikan supaya tidak menjadi akses masuknya rayap.

2.Kurangnya Sirkulasi Udara, Penyebab Ruangan Lembab.

Source : rumahtopia.com

Penyebab kehadiran Rayap berikutnya yakni kondisi ruangan yang lembab karena kurangnya aliran udara dan cahaya yang masuk. Dengan kondisi ruangan yang seperti ini tentunya sangat disukai koloni rayap berkembang biak, bahkan dengan kondisi ruangan yang lembab menyebabkan perabotan kayu menjadi mudah lapuk dan berjamur. Untuk mencegah kondisi seperti ini buatlah ruangan hingga bersuhu rendah dengan lebih memperhatikan posisi jendela dan masuknya cahaya kedalam rumah, sehingga kita bisa mengatur suhu ruangan dengan membuka jendela setiap hari.

3. Kondisi Tanah Yang Gembur dan Subur.

Source : bahanpengawet.com

Kehadiran Rayap tentu saja tidak bisa dihindari pemilik rumah, lalu dari mana sih hewan pemakan kayu ini berasal ? 

Ternyata, kondisi tanah yang gembur dan subur merupakan tempat paling disukai oleh koloni rayap. Dengan begitu maka banyak rayap yang berkerumun disana, jadi sangat penting sekali untuk memberikan sekat antara pekarangan dengan area rumah. Sebaiknya hindari juga menaruh kayu di atas tanah terutama pada halaman rumah yang tidak di cor karena bau kayu yang basah cepat didatangi koloni Rayap.

Setelah Mengetahui Indikasi Penyebab Kehadiran Rayap Didalam Rumah Yuk Ketahui Tips Custom Kitchenset Yang Cocok Untuk Hunian Yang Sudah Rawan di Hinggapi Rayap.

source : courtina.id

1. Memakai Bahan Anti Rayap

Meskipun ada Rayap didalam rumah, gak harus juga rumah kita terlalu kosong tanpa penyimpanan karena bagaimanapun kita membutuhkan tempat untuk mengorganisir benda-benda terutama dibagian dapur. Dalam kondisi seperti ini kamu bisa menggunakan custom kitchenset yang memiliki ketahanan terhadap rayap seperti PVC Board pada gambar di atas.

2. Gunakan Penutup atau Pintu Saja Pada Bagian Bawah

Kabinet dapur yang menggunakan jenis kayu umumnya lebih murah di bandingkan dengan bahan yang anti rayap atau PVC Board, namun untuk menghindari kerusakan besar sebaiknya kamu hanya memanfaatkan penyimpanan di bagian dinding seperti kabinet gantung sedangkan pada bagian bawah meja bisa menggunakan frame pintu saja. Secara tampilan akan tetap rapi bahkan tidak mengurangi manfaat penyimpanan yang ada karena  kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan benda-benda yang besar seperti panci dan lainnya. 

www.interiorloka.com

Nah berikut tips untuk kamu yang memiliki hunian dengan kondisi rumah sensitif terhadap rayap. Supaya terhindar dari kedatangan hewan pemakan kayu ini kenali indikasinya dulu dan cara perawatannya ya, semoga membantu.