Dekorasi Kamar Minimalis Agar Tampak Luas, Ini Tipsnya!

Dekorasi Kamar Minimalis agar tampak luas – Penataan dekorasi sebuah kamar memang tidaklah mudah. Apalagi ruangan tersebut adalah area privat khusus bagi para penghuni rumah untuk beristirahat atau aktivitas lain yang ingin dilakukan sendiri. Oleh sebab itulah, tak sedikit orang yang melakukan make over pada kamarnya agar terasa lebih nyaman sekaligus multifungsi.

Dekorasi Kamar Minimalis

Tapi, bagaimana dengan dekorasi kamar minimalis? Apakah memunginkan menata ruangan berukuran kecil sesuai keinginan? Tentu saja, bisa sekali. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak berlebihan dan membuat kamar sumpek.

Kali ini Interior Loka akan berbagi tips mengenai dekorasi kamar minimalis. Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.    Mengenal Karakter Ruangan

Tips pertama sebelum melakukan dekorasi kamar minimalis sederhana, kita harus mengetahui bagaimana sih karakter kamar kita? mulai dari kelebihan hingga kekurangan serta berapa ukuran detailnya.

interior kamar minimalis
dailyfeed.kr

Setiap ruangan biasanya memiliki kondisi yang berbeda-beda. Misal ada sebuah kamar yang bentuknya memanjang atau lebar, memiliki jendela berukuran sedang, dengan udara dalam ruangan yang lembab. Mengetahui hal-hal tersebut sangatlah berguna dan membantu kita saat akan mulai mendekor kamar. Nah, kalau karakter ruangan mu seperti apa?

2.    Hadirkan Elemen Dekoratif dari Furniture Multifungsi

Kamar minimalis biasanya memiliki ukuran ruangan yang terbatas. Di samping itu, kita tetap membutuhkan beberapa space untuk meletakkan furniture seperti tempat tidur, lemari, meja belajar, dan lain-lain. Agar tidak membuat sempit, sebaiknya pilihlah furniture berbentuk ramping namun tetap multifungsi.

flickr.com

Misal, dibandingkan menggunakan ranjang biasa untuk tempat tidur, sebaiknya kamu menggunakan divan multifungsi. Dimana area permukaan atasnya bisa dijadikan tempat untuk beristirahat dan di bagian pinggir kanan, kiri serta belakang bisa dijadikan sebagai space penyimpanan berupa laci.

Begitu juga dengan lemari. Pilihlah yang memiliki kaki jenjang, bentuk agak tinggi ramping, jangan melebar ke samping. Akan lebih baik jika custom furniture pada jasa interior profesional, sebab kalau membeli langsung pilihannya akan terbatas.  

3.    Pilih Warna Utama Kamar, Netral dan Soft

Warna utama kamar juga mempengaruhi pada dekorasi interior secara keseluruhan. Bagaimanapun, warna cat dinding adalah yang menjadi sorotan saat kita masuk kamar. Bila ruangan berukuran kecil, untuk memberi efek luas sebaiknya gunakan warna-warna netral yang lembut.

interior minimalis
johnlewis.com

Warna netral bisa menciptakan suasana yang nyaman dan terasa lebih luas. Bukan hanya cocok untuk diterapkan pada kamar minimalis, namun juga ruangan lain yang berukuran tidak terlalu besar. Warna-warna yang bisa coba dipilih seperti putih, abu, atau pastel. Mengkombinasikan 2 warna sekaligus juga sangat bisa sekali loh, namun pastikan keduanya masih selaras ya.

4.    Menempelkan Wallpaper Dinding pada Satu Bagian Dinding

dekorasi minimalis
roomdsign.com

Tak suka dengan warna yang terlalu monoton? Bagaimana bila kamu menerapkan wallpaper motif pada dinding. Cara ini bisa menjadikan suasana ruangan lebih hidup. Namun untuk menghindari kesan sempit, jangan melapisi semua bagian dinding menggunakan wallpaper, cukup pada satu bagian saja. Sebaiknya pilih wallpaper motif yang tidak terlalu ramai agar masih bisa menampakan kesederhanaan dalam sebuah ruangan. Tone warnanya juga perhatikan ya harus menyesuaikan dengan warna utama kamar agar tidak terlalu menabrak satu sama lainnya.

5.    Hadirkan Nuansa Alam dengan Tanaman Hias

Kehadiran tanaman dalam sebuah ruangan bisa memberikan efek psikologis tersendiri. Nuansa alam mampu membuat pikiran lebih tenang, sirkulasi udara dalam ruangan terjaga, dan secara visual dapat memanjakan mata. Pilihlah tanaman berukuran kecil yang tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya matahari seperti kaktus atau aglaonema.

dekorasi kamar minimalis
wattpad.com

Kamu bisa menempatkannya di sudut ruangan bila ukuran pot agak sedikit lebih besar. Kalau potnya kecil, bisa ditaruh di atas meja belajar atau ambalan yang menempel ke dinding. Tampak sederhana namun sangat eye catching dan bermanfaat. Kalau kamu tidak terlalu mengetahui soal tanaman, cobalah mencari rekomendasi tanaman hias dari google.

6.    Menggantung Lukisan Dinding, Bikin Ruangan Makin Artsy

kamar minimalis
wattpad.com

Suka dengan hal-hal yang berbau seni? Kalau iya, kamu bisa kok menghadirkannya di dalam kamar. Seperti menaruh lukisan gantung yang berukuran sedang. Dua atau tiga lukisan sudah cukup membuat ruangan makin artsy. Jangan terlalu berlebihan agar tidak sumpek dan terasa sempit.

7.    Elemen Kain Dekoratif yang Sederhana

pinterest

Menghidupkan suasana kamar melalui elemen kain sangat bisa dilakukan. Kamu bisa memilih sprei motif yang senada dengan tone warna kamar, atau menggelar karpet motif, dan lain-lain. Biarpun hanya kain, kalau pemilihannya tepat bisa membuat kamar jadi terasa lebih berbeda.

8.    Memilih Dekorasi Kamari Minimalis dengan Efek Pencahayaan

interior
wattpad.com

Efek hangat dalam ruangan juga bisa dihadirkan oleh pencahayaan yang tepat. Sebaiknya sih kamu memiliki dua pencahayaan; lampu kerja dan lampu tidur. Keduanya memiliki fungsi berbeda dan efek yang berbeda secara psikologis plus visual. Bentuk lampu nya pun sebaiknya jangan yang biasa-biasa saja. Bila kamu merasa dekorasi ruangan masih kurang, cobalah cari lampu yang unik namun tidak berlebihan.

9.    Cermin Membuat Ruangan Jadi Terasa Lebih Luas

dekorasi kamar minimalis
stayfolio.com

Fungsi cermin dalam kamar biasanya untuk melihat penampilan pengguna. Namun di samping itu, cermin juga bisa memberikan efek refleksi yang membuat ruangan terasa lebih luas. Cocok sekali nih untuk ruangan-ruangan berukuran minimalis, termasuk kamar. Gerak yang terbatas bisa dimanipulasi dengan efek psikologis yang dihadirkan cermin. Asal kita menempatkannya dengan tepat maka cermin sudah bisa memberikan banyak keuntungan.

10. Memanfaatkan Barang Lama untuk Menghemat Biaya Dekorasi

Budget untuk dekorasi sangat terbatas? Make over nggak harus menggunakan barang-barang baru kok. Kamu bisa coba memanfaatkan barang lama lalu mendaur ulangnya. Misal, lemari yang dicat ulang menjadi warna putih agar tampak lebih fresh. Munculkan ide-ide kreatif di kepalamu agar bisa menghemat biaya.

interior kamar minimalis
idntimes.com

Agar tidak terlalu over budget sebaiknya kamu mencari inspirasi dekorasi kamar minimalis terlebih dahulu di internet. Cobalah untuk ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) elemen dekorasi pada barang-barang lamamu.

11. Berkonsultasi pada Jasa Interior

Konsultasi pada jasa interior, emang perlu ya? Sebetulnya sih tergantung kamu sendiri. Bila kamu masih bingung dan ingin menyempurnakan konsep dekorasi interior kamar minimalis, kamu bisa meminta bantuan jasa interior profesional. Di samping itu, kamu juga bisa berkonsultasi lebih lanjut mengenai kebutuhan interior yang ada di dalam rumah. Jasa interior juga akan mengarahkan bagaimana seharusnya mendekor interior minimalis.

Carilah jasa profesional yang berada satu daerah denganmu agar bisa berkonsultasi secara tatap muka. Biasanya akan dilakukan sesi khusus dimana pihak jasa survey ke rumah customer untuk mempelajari karakter kamar serta mengetahui ukuran detailnya.

Oke, itulah tips-tips dekorasi kamar minimalis yang bisa coba kamu terapkan. Tidak sulit bukan? Bila artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke social mediamu ya.

Yuk lihat inspirasi desain lainnya di interiorloka.com

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist