Desain Dapur Kecil Low Budget

Desain Dapur Kecil Punya dapur besar tentu impian banyak orang, setuju? Yap, karena dengan dapur yang besar kita bisa lebih efisien melakukan aktivitas memasak, apalagi jika dapurnya komplit atau memiliki fasilitas yang lengkap. Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan punya dapur besar karena berbagai faktor. Meski bagaimanapun, kita harus tetap bersyukur ya, alhamdulillah. Lalu bagaimana cara mendesain dapur kecil low budget?

Berikut ini tips desain dapur low budget yang bisa kita aplikasikan ke dalam hunian kita.  

1. Desain Dapur Lurus 209 Centimeter

Dapur di UM House memiliki konsep minimalis dengan bentuk meja lurus yang berukuran 209 cm. Pada desain dapur ini kita hanya memanfaatkan kabinet bawah saja sebagai tempat menyimpan peralatan dapur. Tetapi jangan khawatir, walaupun hanya memanfaatkan bagian bawah saja, dapur minimalis ini masih sangat nyaman digunakan. Sebagai fungsi tambahan kita bisa menaruh ambalan berukuran relatif kecil di atas meja yang berfungsi untuk menaruh tempat bumbu dan lainnya. 

2. Desain Dapur Lurus 194 CM

Di hunian AD House memiliki bentuk meja lurus dengan permukaan meja kompor lebih rendah dari meja lainnya, type dapur seperti ini sangat banyak kita jumpai ya. Menurut survey kami, ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih desain dapur dengan desain meja tidak rata, di antaranya: 

  1. Faktor Kenyamanan : Setiap orang tentu memiliki kenyamanan yang berbeda misalnya, tidak semua orang nyaman dengan meja yang tinggi karena tinggi badan seseorang juga mempengaruhi kenyaman aktivitas di dapur.  
  2. Faktor Kesehatan : Fisik dan kesehatan setiap orang yang berbeda misalnya, beberapa orang merasa lebih nyaman dengan tinggi meja yang menurut mereka proporsional untuk dirinya, sehingga tidak mudah lelah dalam beraktivitas di dapur. 
  3. Faktor Keselamatan : Banyak orang cenderung memilih posisi yang aman misalnya, tinggi meja juga akan mempengaruhi jarak panas antara kompor dengan kabinet, hal ini dapat membahayakan kondisi kabinet kitchen karena bisa jadi cepat rusak. 

Namun sebenarnya kita bisa mendesain terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk membuat dapur, sehingga dapur tidak hanya nyaman dan sehat, tetapi juga aman di gunakan. Berikutnya, memfungsikan area kolong meja dengan kabinet penyimpan tentu akan mempermudah kita menyimpan benda skala kecil, selain itu kolong meja yang biasanya tidak di finish dengan keramik juga akan lebih tertutup sehingga lebih nyaman digunakan dan tentu nyaman di lihat. 

3. Lurus 220 Centimeter

dengan bentuk meja lurus di hunian IN House memiliki ukuran 220cm dengan kabinet full atas dan bawah. Karena ukurannya yang relatif pendek menjadikan budget untuk membuat dapur ini relatif kecil. Jadi, supaya biaya yang akan kita keluarkan untuk membuat dapur itu kecil,  kita bisa membuat dapur dengan ukuran kecil saja. Dengan ukuran yang sama seperti dapur di hunian IN House, kita sudah bisa melengkapi dapur tersebut dengan kitchen sink satu lubang dan juga kompor dua tungku, yang tentu masih sangat proporsional di gunakan. 

4. Desain Dapur Leter-L 1,4×1,6 Meter

Desain dapur di hunian SS House berwarna pink yang bisa menambah mood kita dalam berkegiatan di dapur, terutama bagi kita yang menyukai warna yang satu ini. Dari keseluruhan warna ruangan dan kabinet menjadikan kesan dapur ini sangat feminim, di tambah dengan backsplash bermotif bunga. Meskipun berukuran kecil, namun dapur yang di lengkapi dengan kabinet warna favorit tentunya akan sangat nyaman di gunakan. 

5. Lurus 2 Meter

Membuat dapur dengan kabinet penyimpan tentunya akan membuat dapur kita menjadi bersih setiap saat, seperti desain dapur diatas milik hunian AN House. Dengan warna  kabinet COKAY atau coklat kayu pada kabinet atas tentunya memberi kesan natural pada dapur kita, sedangkan pada kabinet bawah kita bisa memilih warna gelap supaya terlihat match dengan material granit meja.

Dapur berukuran kecil tentu membuat  urusan bersih-bersih makin gampang. Desain dapur  kecil, membuat waktu kita untuk merawat juga semakin singkat. Di bandingkan dengan desain dapur berukuran besar, desain dapur kecil pasti lebih gampang di tata dan di bersihkan dengan peralatan yang lebih sederhana. Nah, itulah beberapa desain dapur kecil yang Low Budget ya. Sudah siap untuk menata dapur kecil kita agar semakin nyaman? Yuk lihat desain dapur lebih banyak di interiorloka.com.