Desain Interior Industrial, Konsep Unik yang Bikin Ruangan Makin Menawan!

Desain Interior Industrial – Readers, menata sebuah ruangan dengan konsep interior tertentu bukan hanya bisa menambah rasa nyaman untuk kita, namun dari segi tampilan pun akan semakin menawan. Nah, salah satu desain interior yang mulai banyak diminati karena keunikannya adalah Desain Interior Industrial. Sebuah konsep yang terinspirasi dari suasana pabrik, sehingga kalau kita melihat desain-desain bergaya industrial, akan nampak kental dengan elemen-elemen besi atau bata yang terekspos.

Desain Interior Industrial untuk Hunian

Lantas, apakah desain industrial cocok diterapkan pada sebuah hunian? Cocok banget dong, apalagi kalau kamu memiliki kepribadian yang santai, kreatif dan arsty. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Interior Loka akan coba memberikan tips untuk readers yang memang ingin mengadopsi desain konsep industrial. Langsung saja simak ulasan berikut ini yuk!

1.    Menempatkan Furniture-Furniture Bergaya Industrial

Perabotan furniture memang memiliki fungsinya masing-masing. Namun kali ini, kamu tidak hanya memperhatikan dari segi fungsi saja, pertimbangkan juga soal tampilan desainnya. Apakah bisa mendukung konsep industrial yang akan diadopsi atau tidak? Berikut adalah beberapa furniture yang Interior Loka rekomendasikan.

 Meja Kerja Industrial

www.interiorloka.com

Furniture pertama adalah meja kerja yang di desain didalam kamar . Pada desain ini konsep industrial dituangkan pada gaya warna dan material yang mendukung konsep itu sendiri. Warna meja yang mengikuti dengan warna ruangan membuat kamar ini terkonsep dengan baik.

Kitchen Set

Dapur adalah area yang wajib kamu perhatikan, apalagi bila ruangan satu ini masuk dalam kategori ruang produktif. Dimana hampir setiap hari kamu akan menggunakan ruangan tersebut. Oleh sebab itulah kitchen set bergaya industrial masuk dalam furniture yang wajib kamu hadirkan.

www.interiorloka.com

Kamu bisa melihat pada inspirasi kitchen set di atas. Lagi-lagi sangat identic dengan elemen besi dan woodgrain. Penerapan warna hitam pada counter top pun semakin menambah kesan indsutrial yang simple dan dinamis.

Meja Makan

Bila kitchen area mu tidak dilengkapi dengan meja bar atau kitchen island, kamu bisa membuat area makan terpisah. Pastikan kalau area tersebut diisi dengan furniture yang selaras dengan konsep yang akan diadopsi.

www.interiorloka.com

Desain ruang makan di atas sangatlah sederhana, namun terasa nyaman sekali, iya nggak?

Lemari Pakaian

Lemari pakaian masuk dalam kategori furniture wajib. Kalau tidak ada lemari, bagaimana kita bisa menyimpan pakaian kita dengan rapi 😊

www.interiorloka.com

Nah readers, lemari pakaian berkonsep industrial juga terkesan unik loh! Lihat saja inspirasi desain di atas, sangat khas sekali. Kamu bisa membuat lemari dengan pintu atau tanpa pintu, sesuai kebutuhan dan keinginanmu saja.

Beberapa furniture di atas bisa menjadi inspirasimu saat akan menerapkan konsep unik ini pada hunianmu ya readers.

2.    Pilih Dekorasi yang Sesuai dengan Desain Interior Industrial

Tips selanjutnya adalah dari sisi pemilihan dekorasi. Elemen ini bisa dianggap penting atau tidak penting, sesuai dengan konsep yang akan diterapkan. Pada industrial, ada beberapa dekorasi ruangan yang sebaiknya kamu gunakan.

 Lampu dengan Bingkai Besi yang Unik

Nggak hanya dijadikan sebagai sumber cahaya di dalam ruangan saja, lampu juga bisa menjadi bagian dari elemen dekorasi untuk berbagai macam konsep interior loh!

www.interiorloka.com

Untuk industrial, kamu bisa coba cari model bingkai lampu yang terbuat dari besi seperti di atas. Dengan begitu ciri khas dari industrialnya tidak hilang, bahkan bingkai tersebut bisa memberikan nuansa yang lebih artsy.

Karpet di Ruang Tamu

Sebuah karpet pun menjadi bagian elemen dekorasi yang akan menambah nuansa berbeda pada sebuah ruangan. Nah readers, kalau di industrial, pilihlah jenis karpet yang berwarna earth tone. Sehingga bisa selaras dengan konsep inti secara keseluruhan.

www.interiorloka.com

Inspirasi desain di atas bisa menjadi referensi saat akan memilih karpet. Nampak matching dengan ruangannya kan?

 Tanaman Hias

Biarpun terinspirasi dari nuansa pabrik, bukan berarti kamu tidak bisa memasukan nuansa natural ke dalam ruangan berkonsep industrial ya. Justru hadirnya tanaman bisa menambah kesan yang lebih kuat dan memberikan warna yang berbeda.

www.interiorloka.com

Adanya tanaman hias juga sangat bermanfaat sekali dalam menjaga sirkulasi udara di dalam sebuah ruangan.

Dari Mana Harus Memulai Saat Ingin Menerapkan Desain Interior Industrial?

Beberapa diantara kamu mungkin masih bingung dengan langkah yang harus dilakukan saat akan menerapkan konsep interior pada ruangan. Dari mana harus memulainya?

Cobalah mulai dengan cara berkonsultasi pada jasa interior profesional yang memang ahli dalam bidangnya. Biarpun kamu sudah mendapatkan banyak inspirasi desain sebagai referensi, bukan berarti kamu bisa mengatasi semuanya sendiri. Ada beberapa permasalahan yang terkadang luput dari perhatian orang-orang. Misalnya dari komposisi desain, penataan ruang yang tepat, dan lain-lain.

Kalau memang kamu sudah punya banyak referensi yang didapatkan melalui browsing internet, kamu bisa mengkomunikasikannya dengan jasa desain interior tersebut. Apakah referensi yang didapatkan memang bisa diaplikasikan pada hunian atau tidak.

Hemm, lantas dimana bisa menemukan jasa interior yang tepat? Cobalah minta rekomendasi dari orang-orang terdekatmu, kalau tidak menemukan yang cocok, kamu bisa coba berkonsultasi dengan Interiorloka dengan cara klik di sini.

Oke readers, itulah pembahasan singkat mengenai desain interior industrial. Bagaimana, cukup membantumu kan? Jadi, kapan nih kamu mau mulai menata ruanganmu? Kalau proses penataan sudah selesai, jangan lupa share hasilnya di media sosial agar orang-orang juga bisa terinspirasi!

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist