Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Modern, Mana Pilihanmu?

Interior Ruang Tamu – Saat kamu berkunjung ke rumah seseorang, ruang pertama yang pasti akan kamu lihat adalah ruang tamu, benar tidak? Oleh sebab itulah, interior ruang tamu bisa menjadi representasi desain interior rumah secara keseluruhan.

Desain Interior Ruang Tamu

Apakah kamu sedang ingin menata ruang tamu agar tampak lebih bergaya plus nyaman? Namun, masih bingung dengan desain yang bisa diterapkan pada ruanganmu? Kalau begitu, kamu wajib sekali menyimak artikel kali ini. Interior Loka akan memberikan inspirasi desain interior ruang tamu yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

1.      Ruang Tamu Minimalis, Cocok untuk Ruangan Berukuran Kecil

etsy.com

Bila memiliki ukuran ruang tamu yang tak terlalu besar maka konsep interior minimalis sangat cocok diterapkan. Sederhana, nyaman dan multifungsi, itulah yang akan kita rasakan begitu memasuki ruangan bergaya minimalis. Usahakan ruangan didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, dengan begitu ruangan akan terasa lebih luas. Pilihlah furniture yang berbentuk ramping namun tetap multifungsi. Misal, kamu bisa memilih meja tamu yang memiliki storage di bagian bawahnya dibandingkan meja tamu biasa.

2.      Interior Ruang Tamu Konsep Industrial

Gaya desain interior industrial banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai kreatifitas. Tampilan ruang tamu akan menjadi sorotan sebab memiliki desain yang nyentrik dan bergaya. Ornamen-ornamen yang diterapkan biasanya tak lazim dijumpai pada desain interior hunian. Namun itulah yang membuat konsep ini begitu istimewa.

Sumber gambar: Cristina Suglia

Inspirasi penataan desain interior industrial dari Cristina Suglia bisa menjadi referensi bila ingin mengadopsi konsep unik ini. Pada gambar kita bisa melihat bagian tembok yang terekspos, ada pula elemen besi berwarna hitam pada bagian lis partisi ruangan. Furniture mejanya terlihat unik, seperti box penyimpanan yang didaur ulang menjadi meja tamu.

3.      Ruang Tamu Berkonsep Vintage yang Unik

Vintage biasanya akan terkesan lomo dan memiliki nuansa berbeda. Namun apakah bisa diterapkan pada hunian modern? Tentu saja bisa, asalkan penataannya tepat, bukan tidak mungkin ruangan akan terasa sangat nyaman sekali. Seperti inspirasi desain berikut ini.

Sumber gambar: dekorrumah.net

Biarpun terkesan lomo namun masih bisa menyesuaikan dengan modernitas kan? Suasananya pun terasa homey sekali plus bisa menciptakan kehangatan melalui pemilihan furniture dengan bentuk unik. Warna-warna yang dihadirkan pada interior ruangan pun sangat ringan, membuat ruangan tidak sumpek. Dekorasi lukisan pada dinding tidak berlebihan, mampu menyeimbangkan nuansa interior modern dan vintage.

4.      Interior Ruang Tamu Bergaya Scandinavian

Ingin mempunya interior ruang tamu yang terkesan lebih rapi, bersih dan tetap estetik? Gaya Scandinavian mungkin bisa jadi pilihanmu. Sekilas nampak seperti konsep minimalis, tapi ada beberapa elemen yang membedakan seperti dekorasi serta nuansa Nordic yang dihadirkan melalui pemilihan furniture dan detail interiornya.

Sumber gambar: homeplistic.com

Inspirasi desain ruang tamu Scandinavian seperti gambar di atas bisa menjadi refrerensimu. Biarpun sederhana, namun ruangan tetap terasa nyaman dan lebih segar. Tone warna yang dipilih pun cenderung netral yaitu putih, sehingga terkesan clean. Sofa yang dipilih berukuran besar namun bagian kaki yang agak jenjang membuat ruangan masih terasa luas.

Elemen dekorasi hadir dengan lembut dan tidak berlebihan. Seperti tanaman hias yang ditaruh di sudut kiri dekat sofa, memberikan nuansa natural serta bermanfaat untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan. Dekorasi lampunya juga unik, menjadikan kurungan ayam sebagai kap lampu, sangat kreatif. Elemen kain pada bagian karpet lantai pun membuat suasana semakin terasa lebih hidup. Inspirasi desain diatas sangat merepresentasikan nilai Kesederhanaan yang Nyaman.

5.      Interior Nyentrik Bergaya Retro

Retro dan Vintage sebetulnya sama-sama menghadirkan nuansa jadul atau lomo. Namun perbedaannya adalah dari segi penataan ruangan, kalau vintage dekorasinya masih sangat sederhana. Sementara retro lebih gemerlap dan terlihat nyentrik.

pinterest.com

Contoh inspirasi desain ruang tamu di atas terlihat sangat eksentrik bukan? Mulai dari pemilihan warna hingga perabotannya. Warnanya sangat kontras, khas retro banget dengan sentuhan dekorasi pop art. Perabotan antic pun semakin mengutkan konsep interior ini.

6.  Etnik Jawa pada Interior Ruang Tamu, Indonesia Banget!

Ada nggak sih gaya interior yang Indonesia banget? Pastinya ada dong. Tiap daerah selalu memiliki ciri khas masing-masing termasuk pada gaya bangunan serta penataan ruangan. Seperti Interior Etnik Jawa seperti gambar berikut, sangat unik kan?

pinterest.com

Salah satu pilihan sederhana agar bisa menghadirkan kehangatan dalam ruang tamu di atas adalah dengan penggunaan material alami dan local. Perabotan yang dipilih kurang lebih hampir mirip seperti gaya klasik American Style. Namun ada perbedaan dari segi detail yang mencerminkan Indonesia banget. Seperti pada ukiran dekorasi, guci, cermin atau lukisan gantung.

7.  Interior Ruang Tamu Bergaya Modern

Next, gaya interior ruang tamu modern yang lebih kekinian juga bisa sekali kamu terapkan.

pinterest.com

Nah, untuk sekarang ini gaya modern lebih condong pada gaya minimalis yang menampilkan kesederhanaan dan kesan luas pada sebuah ruangan. Tidak terlalu banyak elemen dekorasi, kalau pun ada, tidaklah berlebihan. Furniture minimalis dan multifungsi lebih diutamakan dibanding furniture biasa.

Inspirasi desain di atas mungkin bisa menjadi referensi. Sangat kekinian dan nyaman, iya nggak? Untuk memisahkan antar ruangan tidak menggunakan tembok permanen dan lebih memilih partisi, dengan begitu ruangan akan terasa lebih luas. Ornamen dekorasi pada lampu mampu menghadirkan kesan yang luxury dengan lembut.

8.  Interior Rustic untuk Ruang Tamu, Suasana Pedesaan tapi Tetap Modern

Inspirasi desain terakhir adalah interior rustic yang menghadirkan nuansa pedesaan dan natural seperti gambar berikut ini.

google.com

Material alami seperti kayu jati kerap dipilih untuk pembuatan perabot di rumah, termasuk ruang tamu. Elemen dekorasi bisa diterapkan pada beberapa detail ruangan seperti lampu, karpet, sarung bantal hingga hiasan dinding. Warna-warna yang dihadirkan biasanya yang masuk dalam kategori earth tone seperti coklat, cream, dan lain-lain. Sehingga terkesan lebih hangat dan homey.

Itulah inspirasi desain interior ruang tamu modern dengan berbagai konsep desain yang bisa coba kamu terapkan. Mana nih desain yang menurutmu ‘’gue banget’’? Yuk pilih salah satu dan mulai terapkan pada ruang tamu di rumah!

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist