Inspirasi Meja Bar Unik, Bikin Dapur Makin Estetik!

Meja Bar – Area dapur di rumahmu tidak terlalu luas? Namun sangat ingin membuatnya tampak estetik? Nah, penggabungan dapur dan ruang makan bisa menjadi salah satu caranya. Menghadirkan meja bar di dapur, membuat ruangan tersebut makin multifungsi dan menyatu secara alami.

Kitchen Island atau meja bar memang sangat cocok untuk rumah berukuran minimalis sebab bisa memaksimalkan fungsi sebuah dapur. Namun tidak semua meja bar bisa membuat ruang dapur estetik, sebab bisa saja dapur malah terasa sempit. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan bagaimana model meja barnya.

Kali ini Interiorloka akan memberikan inspirasi meja bar unik yang bisa bikin dapur makin estetik. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Meja Bar Warna Putih dengan Detail yang Dekoratif

Estetika sebuah ruangan termasuk dapur dapat muncul karena dominasi warna yang digunakan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan warna putih seperti dapur area berikut ini.

Amazanaws.com

Ruangan terlihat sangat bersih, luas dan menenangkan. Meja barnya pun multifungsi sekali, dimana bagian permukaan atasnya bisa dijadikan tempat makan sementara di bagian bawah ada beberapa cabinet untuk menyimpan peralatan atau perlengkapan dapur.

Detail dapur juga sangatlah dekoratif, tidak berlebihan namun terasa cozy. Lampu yang digantung bukan hanya sekedar penerangan, bentuknya sangatlah unik sehingga bisa menambah sentuhan dekorasi.

Meja Bar Minimalis Berukuran 1 Meter

Ruangan dapur berukuran kecil tidak akan menjadi masalah selama kamu dapat menatanya dengan tepat. Buatlah kitchen set yang memang ukurannya tidak terlalu besar namun tetap bisa memaksimalkan fungsinya. Seperti inspirasi berikut ini.

Ukuran dapur nya tidak terlalu besar, namun tetap bisa menghadirkan meja bar sesuai kondisi dapur. Meja bar berukuran 1 meter, ada tambahan ambalan gantung di bagian atasnya. Warnanya putih dikombinasikan dengan tekstur wood grain sehingga ruang dapur kecil ini bisa makin estetik.

Meja Bar dengan Tiangnya yang Tinggi

Pada umumnya tinggi meja bar selalu menyesuaikan dengan tinggi kitchen set. Namun hal ini tentu tidaklah mutlak. Kamu bisa juga kok membuat ukuran meja bar yang lebih tinggi dibandingkan kitchen set. Asalkan penataannya tepat tentu tak akan jadi masalah.

Seperti inspirasi meja bar dan kitchen set di atas. Nampak ukuran meja bar lebih tinggi, namun tetap estetik. Hanya saja, kamu perlu menggunakan kursi dengan pijakan yang lebih tinggi agar bisa menyesuaikan.

Meja Bar Bingkai Kayu yang Multifungsi

Aksen frame pada sebuah meja bar bisa membuat yang tadinya biasa saja menjadi lebih unik dan menawan. Tambahan frame atau bingkai dari bagian permukaan meja hingga langit-langit dapur mu. Pastikan warnanya juga bisa selaras dengan konsep dapur secara keseluruhan sehingga masih terasa nyaman.

Di samping itu, bukan hanya bisa menjadi elemen dekorasi tambahan yang menambah kesan estetik. Namun bingkai meja bar bisa sangat fungsional asal kamu bisa mendesainnya dengan tepat. Misal dengan membuat area gantungan gelas di bagian atas lalu cabinet penyimpanan di bagian bawah. Dengan begini dapur akan semakin multifungsi, iya nggak?

Meja Bar Monokrom

Warna putih dan hitam memang masih menjadi warna favorit dan tak lekang oleh waktu. Bila diterapkan pada interior, sangat bisa menyesuaikan dengan berbagai konsep. Kesan yang ditampilkan nampak elegan, estetik, nyaman dan luas. Oleh sebab itulah, bila menerapkan pada meja bar sangatlah cocok. Seperti inspirasi desain di atas. Meja bar menyatu dengan kitchen linear dua sisi.

Pilihan Material Meja Bar

Selain mencari inspirasi meja bar yang sesuai dengan kondisi dapurmu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih material yang tepat. Berikut adalah beberapa pilihannya.

Material Beton

Bagi yang memiliki pendanaan terbatas, material beton bisa menjadi solusi paling ekonomis. Apalagi bila kamu sedang melakukan proses pembangunan rumah, merancang meja bar beton sejak awal akan sangat memudahkanmu. Sayangnya, beberapa orang kerap enggan menggunakan beton karena alasan kurang fleksibel.

Material Granit

Granit merupakan material batu alam yang sangat kuat dan memiliki kesan elegan serta mewah. Cocok diterapkan pada konsep dapur apa saja, termasuk minimalis. Ada banyak pilihan corak granit yang mampu membuat suasana ruangan semakin hidup. Di samping itu, pori-pori granit juga tidak terlalu besar sehingga bila ada noda air tidak mudah menyerap. Namun bila dibandingkan beton, harga granit cenderung akan lebih mahal.

Material Marmer

Marmer juga termasuk ke dalam jenis batu alam yang memiliki tingkat kekuatan sangat baik. Tampilannya sangat elegan, serat-serat yang ditampilkan batu marmer membuat ruangan terasa lebih mewah. Harga marmer juga mahal, inilah yang menjadi pertimbangan orang-orang. Selain itu, pori-pori marmer juga cukup besar sehingga kalau ada noda air akan sangat rawan menyerap bila tidak segera dibersihkan. Bagaimana, tertarik menggunakan material marmer untuk meja bar?

Material Kayu Olahan

Material terakhir adalah kayu olahan. Ada banyak jenis kayu olahan yang biasa digunakan untuk membuat furniture termasuk meja bar. Salah satunya adalah material multipleks, pilihan material kayu olahan ekonomis. Kekuatan multi bisa bertahan hingga 15 tahun lamanya, tergantung perawatan. Bila menggunakan kayu olahan, kamu juga harus memikirkan untuk bagian finishing yang akan digunakan, apakah mau dilapisi oleh HPL atau duco.

Lalu, material mana yang paling direkomendasikan? Tergantung pendanaan serta desain ruangan. Bila ingin yang sangat kuat dan eye catching, kamu bisa pilih marmer atau granit. Sementara bula ingin yang lebih ekonomis, beton dan kayu olahan bisa menjadi pilihan. Jangan sampai kamu salah pilih, sebab material akan berpengaruh pada tingkat keawetan, tampilan ruangan hingga rencana pembiayaan. Oleh sebab itulah kamu sangat disarankan untuk berkonsultasi pada jasa interior profesional yang ada di daerahmu agar bisa mendapatkan perencanaan yang tepat, sesuai keinginan desain dan sesuai budget.

Oke, itulah ulasan singkat mengenai inspirasi desain meja bar hingga material yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat ya, apalagi untuk kamu yang sedang melakukan penataan ruangan khususnya area dapur.

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist