Inspirasi Model Headboard Kamar Tidur Modern Minimalis

Model Headboard – Tempat tidur merupakan furniture utama dari kamar tidur. Kalau tidak ada tempat tidur, dimana kita akan beristirahat? Oleh sebab itulah, dalam penataan interior sangat disarankan untuk memilih furniture tersebut yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa memberikan rasa nyaman khususnya saat beristirahat.

Berbagai macam desain tempat tidur bisa kamu pilih. Salah satunya adalah yang menggunakan headboard.  Elemen pendukung yang fungsinya bisa menjadi sandaran punggung atau kepala saat kamu duduk sambil bersandar. Tidak hanya itu saja, headboard juga bisa memberikan kesan lebih mewah pada sebuah kamar.

Inspirasi Model Headboard Kamar Tidur Modern Minimalis

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan headboard pada tempat tidur di kamar tidur modern minimalis? Bila iya, sebaiknya simak inspirasi model headboard berikut ini yuk!

1.   Headboard Japandi, Elegan dan Minimalis

Elegan minimalis, sederhana dan juga nyaman. Kesan tersebut akan terasa secara langsung bila kamarmu menggunakan konsep interior Japandi. Bagian furniture yang berwarna natural dengan serat woodgrain akan memberikan nuansa hangat. Head Boardnya juga didesain agar mampu melindungi seluruh bagian dinding bawah. Lengkap dengan backlight yang lembut, sehingga rasa nyaman pun akan semakin terasa.

Kamu pun tidak usah menambah lampu tidur lagi. So, sangat multifungsi kan? Di samping itu, penerapan desain seperti ini efektif untuk menghadirkan efek mewah dan intimate. Bahkan biarpun ruangan tidak terlalu luas, kamu masih akan merasa lapang.

2.   Headboard dengan Sentuhan Velvet Pink Pastel

Keinginan orang dalam menciptakan suasana dalam kamarnya tentu berbeda-beda. Salah satunya adalah ingin memperlihatkan sisi feminim. Penataan interior yang tepat, bisa membantumu menghadirkan nuansa tersebut termasuk menggunakan headboard berbahan velvet atau beludru. Warnanya pun pink pastel sehingga terkesan lebih girly. Bagian lekukannya pun nampak estetik dan dekoratif,  sementara sentuhan emasnya bisa menambah kemewahan pada ruang tidur.

3.   Headboard Multifungsi dengan Nuansa Minimalis

Ingin menampilkan nuansa minimalis atau Scandinavian pada sebuah ruangan seperti kamar tidur? Bila iya maka kamu harus memperhatikan pemilihan furniture yang ingin dihadirkan dalam ruangan tersebut, termasuk headboard. Biarpun fungsinya untuk melindungi dinding dan sandaran, namun bukan tidak mungkin kalau kamu bisa mendesainnya dengan lebih multifungsi sehingga bisa memberikan fungsi tambahan pada ruangan.

Seperti desain headboard dari berikut. Bentuknya memanjang, bagian tengahnya terdapat busa empuk sehingga bisa membuat kita nyaman saat bersandar. Kerennya lagi, headboard ini dibuat semultifungsi mungkin sebab sudah menyatu dengan nakas di sisi kanan dan kiri yang berwarna putih. Dengan begitu kamar bisa makin space saving.

Agar makin menyatu dengan nuansa interior secara keseluruhan, kamu bisa coba padu padankan dengan motif kayu yang nampak natural dan nyaman.

4.   Headboard dengan Laser Cutting

Ingin menggunakan headboard yang bisa memberi kesan elegan dan lebih luxury? Bagaimana bila kamu memilih headboard dengan personalisasi khusus. Menggunakan teknologi laser cutting, sehingga headboard yang berasal dari bahan metal ini dapat tampil menghiasi Kasur plus membuat kamar tidur semakin istimewa.

5.   Headboard Konsep Nook yang Unik

Inspirasi headboard dari dekoruma ini mengusung tema live-play work. Desainnya mampu menggabungkan semua fungsi ruang. Headboard juga mampu melindungi dinding bagian bawah hingga ke atas. Lagi-lagi warnanya terkesan natural dan netral, sangat cocok diterapkan pada ruangan berukuran minimalis atau berkonsep Scandinavian.

6.   Headboard Bernuansa Natural yang Adem

Biarpun hanya sekedar headboard namun bila pemilihan desainnya tepat, tentu sangat mampu menghadirkan nuansa yang berbeda dalam sebuah ruangan. Seperti desain berikut, secara keseluruhan interior kamar sebenarnya sudah terlihat unik, memadukan warna hijau soft, putih dan juga woodgrain. Proporsinya seimbang sehingga bisa selaras satu sama lain.

dekoruma

Penampahan headboard berwarna hijau dengan desain sederhana pun semakin menambah kesan estetik. Headboard melapisi dinding, menyatu dengan ruangan secara sempurna. Di samping itu, pemilihan furniture lain dengan warna senada dan cerah pun turut menyempurnakan suasana di dalam kamar.

7.   Headboard dengan Tekstur Wood Grain yang Instagramable

dekoruma

‘’Instagramable’’ menjadi salah satu nuansa yang sedang kekinian. Dimana bukan hanya rasa nyaman namun bila didokumentasikan melalui kamera nampak sangat cantik. Seperti desain headboard berikut yang nampak cantik dan instagramable dengan tekstur woodgrain serta pola zig zagnya atau yang biasa disebut sebagai motif herringbone. Ada pula sebuah panel biru yang kalem menjadi sentuhan akhir yang cantik.

Tips Memilih Desain Headboard untuk Kamar Tidur Minimalis Modern

Bagaimana, apakah desain di atas bisa menginspirasimu? Ada sedikit tips tambahan dari Interior Loka bagi kamu yang ingin memilih desain headboard untuk kamar.

 Tentukan Ukuran Ranjang atau Tempat Tidur

Ukuran headboard pada dasarnya akan mengikut ukuran ranjang atau tempat tidur yang kamu gunakan. Oleh sebab itulah mengetahui berapa ukuran ranjang sangatlah penting. Jangan sampai, headboard malah membuat sempit atau tidak bisa selaras dengan ranjangmu.

 Memilih Desain Headboard Sesuai Konsep Interior atau Kebutuhan

Saat memilih furniture, ada dua hal yang harus kamu pikirkan yaitu apakah selaras dengan konsep interior secara keseluruhan? Lalu, apakah fungsinya mampu memenuhi kebutuhanmu? So, pemilihan desain headboard pun harus dipikirkan secara matang. Sangat disarankan agar kamu bisa berkonsultasi pada jasa interior profesional yang paham betul tentang interior ruangan.

Itulah inspirasi model headboard kamar tidur minimalis yang bisa menjadi referensi dan sedikit tips agar kamu tidak salah pilih desain. 

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist