Inspirasi Model Keramik Dapur Terfavorit di Tahun 2021

Model Keramik Dapur – Bagi sebagian orang, dapur adalah ruangan yang istimewa. Khususnya untuk Ibu Rumah Tangga atau mereka yang memang banyak melakukan aktivitas di ruangan ini. Oleh sebab itulah, penataan dapurnya sangat diperhatikan. Bukan hanya soal fungsi, namun kesan mewah, elegan dan estetik kerap dihadirkan.

Macam-Macam Model Keramik Dapur

Nah, salah satu cara untuk membuat tampilan dapur makin berbeda, kamu bisa coba menggunakan model keramik dapur yang sesuai dengan konsep interior. Bila masih tidak tau harus menggunakan model yang mana, berikut ini Interior Loka berikan referensi model keramik yang bisa kamu pilih, langsung saja simak ulasan berikut ini!

1. Keramik Lantai Dapur Berwarna Abu, Cocok untuk Interior Minimalis

Apakah dapurmu berkonsep minimalist atau Scandinavian dengan didominasi warna putih? Menerapkan keramik lantai dapur berwarna abu bisa menjadi pilihan tepat sekali. Apalagi bila dapurmu dekat dengan area luar rumah, kesan flawless dan elegan bisa kamu hadirkan hanya dengan sebuah keramik.

2. Model Keramik Dapur Motif untuk Dinding Bernuansa Kontemporer

Menghadirkan nuansa kontemporer di dalam dapur, selain melalui gaya desain kitchen setnya, bisa juga dengan menggunakan backsplash motif seperti berikut.

Dapur jadi terasa lebih modern dan juga super elegan. Motif pada dinding tidak terlalu ramai, namun sangat pas sekali untuk menghidupkan suasana di dapur. Cocok untuk kamu yang tidak menyukai suasana monoton. Dalam istilah perdapuran, keramik dinding ini biasa disebut backsplash, lapisan terluar untuk melindungi sebuah tembok.

Backsplash memang tidak terlalu wajib ada di dapur, namun elemen satu ini mampu memberikan beberapa manfaat yang bisa jadi pertimbanganmu. Pertama, sudah pasti mampu melindungi dinding dari cipratan noda. Kedua, bisa menjadi elemen dekorasi tambahan pada ruangan.

3. Marbel Putih untuk Keramik Dapur yang Super Elegan

Marbel memang menjadi salah satu pilihan material interior yang sangat direkomendasikan. Bisa diaplikasikan pada berbagai konsep ruangan, tampilannya modern dan elegan, sementara untuk ruangan sempit bisa membuat terasa lebih lapang. Dapur juga bisa memberi kesan artsy meskipun nuansanya ringan.

model keramik dapur
tilebar.com

Adanya garis halus dalam motif keramik marble pun membuat tampilan dapur semakin berbeda dan tidak membosankan. Nah, lantas dimana sih posisi paling cocok menggunakan marbel? Tergantung kebutuhan, konsep dan budget. Kamu bisa menerapkannya pada lantai, area backsplash, ataupun top table.

4. Keramik Motif Bunga, Dekoratif dan Nyaman

Ada berbagai macam motif keramik dapur, mulai dari yang polos hingga memiliki pattern tertentu. Seperti motif bunga berikut ini.

Keramik dapur motif
moonwallstickers.com

Bagaimana, tampilannya sangat cantik sekali kan? Motif bunga memang menjadi salah satu ide desain keramik yang sangat disukai dalam proyek dekorasi hunian, khususnya ruangan dapur. Motif tersebut mampu menghadirkan nuansa yang lebih natural, seolah dekat dengan alam.

Bila hanya ingin sekedar menghadirkan elemen dekorasi sederhana, cukup menerapkan keramik motif bunga sebagai backsplash di area kitchen set. Namun bila kamu menyukai sesuatu yang ramai, bisa menerapkannya juga untuk bagian lantai.

5. Model Keramik Dapur Terbaru Motif Heksagonal Memberikan Nuansa Clean

kemarik dinding heksagonal
info.floordecorct.com

Kesan clean atau bersih pada sebuah ruangan bisa dimanipulasi dengan dominan warna yang digunakan. Nah, putih menjadi pilihan warna paling tepat untuk diaplikasikan, baik pada dinding atau keramik dapur. Orang-orang yang apik dan ingin selalu terlihat bersih memang sangat menyukai warna tersebut. Secara psikologis, putih juga mampu membuat seseorang merasa nyaman dan memberikan efek ketenangan.

6. Motif Kayu pada Keramik Dapur

kitchenremodelingquadcities.com

Memilih keramik dapur mungkin akan membuatmu bingung, bukan karena tidak ada pilihan namun terlalu banyak pilihan motif yang menarik. Salah satunya adalah keramik yang tampilannya dibuat sangat mirip dengan kayu. Pengaplikasiannya bisa pada dinding atau lantai untuk menggantikan parket. Sangat pas juga bila disandingkan dengan kitchen set bernuansa wood grain.

7. Model Keramik Dapur Terbaru 2020 yang Lebih Warna-Warni

Interior sebuah hunian memang bisa memberikan efek psikologis tersendiri. Oleh sebab itulah, dalam proses penataan interior, sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Apakah bisa membuatmu nyaman atau tidak? Apakah akan sesuai dengan konsep interior keseluruhan atau tidak?

artikel.rumah123.com

Nah, salah satu elemen dekoratif di ruang dapur yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik interior adalah model keramik dapur warna-warni. Nuansanya lebih ceria dan energik, sangat cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian aktif dan menyukai hal berbeda. Sandingkan dengan kitchen set berwarna netral agar dekorasi ruangan tidak terlalu berlebihan.

Tips Merawat Keramik Dapur agar Tidak Cepat Rusak

Perawatan keramik dapur juga sangat penting dilakukan ya. Kamu tentu sangat ingin sekali kan keramik bisa awet dalam waktu lama? Berikut adalah beberapa tips perawatan yang tepat.

1. Perawatan Rutin dengan Cairan Pembersih

Ada banyak cairan pembersih yang dijual di supermarket. Untuk proses perawatan rutin, kamu bisa membersihkan dinding menggunakan cairan tersebut setiap hari. Tujuannya, agar tidak ada noda atau debu yang menumpuk. Dengan begitu, tampilan keramik pun tidak akan cepat kusam.

2. Membersihkan Noda Menggunakan Spons

Ruang dapur memang sangat rawan terkena noda apalagi yang berkaitan dengan noda masakan. Nah, bila keramik terciprat oleh noda sebaiknya jangan didiamkan begitu saja ya. Segera bersihkan menggunakan spons secara perlahan. Usap dengan Gerakan memutar, dengan begitu noda minyak akan perlahan hilang. Bila ternyata noda masih ada, cobalah menggunakan pasta lalu oleskan pada bagian keramik yang kotor. Mudah kan?

3. Keramik Kusam? Coba Taburkan Tepung Terigu

Salah satu penyebab keramik kusam adalah cipratan minyak. Oleh sebab itulah kamu harus menghindari hal tersebut. Bila memang sudah terlanjur, cobalah menaburkan tepung terigu di keramik dan diamkan selama beberapa saat. Lalu, bersihkan sisa terigu menggunakan kain lap.

4. Noda Berkerak pada Keramik, Jangan Dibersihkan Menggunakan Benda Tajam

Berbagai macam jenis noda memang kerap menjadi masalah, bila dibiarkan begitu saja, tampilan interior jadi akan terlihat kotor dan jorok. Apalagi noda berkerak yang sudah lama, bisa-bisa berjamur kalau tak dibersihkan. Yuk lakukan pembersihan menggunakan kain lembut dan sabun pencuci piring. Jangan menggunakan benda tajam karena malah akan membuat permukaan keramik jadi rusak.

Itulah pembahasan seputar keramik dapur. Ada banyak model yang bisa kamu pilih, agar tidak bingung sebaiknya berkonsultasi pada jasa interior profesional. Di samping itu jangan lupa melakukan perawatan pada keramik secara berkala ya!

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist