Interior Urban Modern, Konsep yang Kekinian dan Hits

Interior Uban Modern – Sekarang ini sudah banyak sekali variasi penataan ruangan yang menyesuaikan dengan inspirasi serta desain tiap individu. Dulu, mungkin kita hanya mengenal beberapa istilah seperti klasik, minimalis, hingga modern. Kalau sekarang ada lebih banyak pilihan styling seperti Bohemian, Industria, atau Japandi. Semua desain interior tersebut mempunyai identitasnya masing-masing yang bisa membuat nyaman.

Interior Urban Modern

Nah, salah satu desain yang banyak diminati oleh orang-orang adalah ruangan dengan interior ala Urban Modern. Pengaplikasian perabotan minimalis membuat kita bisa meminimalisir budget saat akan melakukan penataan ruangan. Di samping itu, Urban Modern juga sagat bisa menyesuaikan dengan gaya masyarakat perkotaan. So, pada artikel kali ini Interior Lokan aka coba mengulas lebih lengkap mengenai desain tersebut.

Apa sih Interior Urban Modern?

Urban Modern Interior merupakan sebuah gaya desain ruangan yang bernuansa cosmopolitan. Saat memasuki ruangan, kita bisa merasakan nuansa trendi dan bergaya lebih ‘’young’’. Kesan estetikanya pun sangat nampak dengan lembut.  Bagi masyarakat perkotaan, konsep Urban Modern sangat diminati sekali. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki jadwal di luar yang padat. Setelah lelah beraktivitas di luar, rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat.

Pada dasarnya, konsep interior ini lebih diarahkan untuk bisa menampilkan sisi lembut dari sebuah hunian. Unsur soft dan homey bisa memberikan rasa tenang pada para penghuninya.

Tips Menata Interior Rumah Menggunakan Desain Urban Modern

Nah, reader apakah kamu tertarik untuk menerapkan konsep desain Urban Modern? Kalau iya, sebaiknya simak beberapa tips menata interior rumah menggunakan desain tersebut yuk!

1. Prioritaskan Nuansa Lembut yang Sederhana namun Modern

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memprioritaskan konsep dasar desain yang ingin diwujudkan dalam sebuah ruangan. Jauhi penataan yang terlalu memberikan kesan yang lebih macho atau kasar. Sebab Urban Modern mengutamakan sesuatu yang berkaitan dengan kelembutan, estetika dan modern.

Biarpun begitu, kamu juga masih bisa melakukan styling interior dengan gaya yang lebih kekinian, dan inovatif. So, Urban Modern bisa menjadi perpaduan yang pas antara klasik, modern dan minimalis. Bagi yang ingin memadu padankan desain, kamu bisa sekali memilih gaya Urban Modern.

2. Pemilihan Furniture Harus yang Terkesan Natural dan Nyaman

Furniture tentu menjadi elemen penting yang harus ada dalam sebuah ruangan. Selain bisa memenuhi kebutuhan tempat penyimpanan di rumah, furniture juga bisa menjadi tambahan elemen dekorasi. Bagi desain Urban Modern, furniture yang dipilih biasanya cenderung rendah serta modular yang minimalis dekorasi atau ornamen detail seperti American Style. Furniturenya benar-benar apik dan lugas. Tidak berlebihan, mengutamakan faktor kebutuhan sehingga fungsi dan manfaatnya sangat jelas.

Kamu bisa memilih furniture yang menampilkan kesan natural. Biasanya akan terlihat pada perabotan yang material dasarnya dari kayu.

3. Memilih Warna Alami atau Netral

Selanjutnya pemilihan warna pada ruangan pun penting dilakukan. Perpaduan warna netral serta alami menjadi ciri khas tersendiri. Biasanya yang digunakan sebagai palet warna utama adalah hitam, putih atau abu. Dengan begitu ruangan akan didominasi oleh warna non monoton yang terkesan modis. Namun, jangan memilih warna-warna hip dan kontras seperti orange, atau hijau ya!

4. Penataan Ruangan yang Tepat agar Terkesan Lapang

Bagi masyarakat perkotaan biasanya cenderung memiliki ruangan terbatas bahkan cenderung kecil. Penataan menggunakan desai Urban Modern bisa menjadi salah satu cara agar rumah kecil tetap terasa lapang, maksimalkan tata letak dengan penggunaan furniture yang tak berlebihan. Dengan begitu flow ruangan akan tetap apik dan leluasa.

5. Penggunaan Lighting Harus Pas dan Sesuai!

Lighting atau pencahayaan di dalam rumah sangatlah dibutuhkan. Bayangkan saja kalau kamu tinggal tanpa ada cahaya? Rumah akan sangat gelap sekali, seperti tak berpenghuni. Nah untuk rumah berkonsep Urban Modern pilihlah lighting ya pas. Misal kalau di kamar tidur sangat disarankan memilih yang intensitasnya rendah sehingga terkesan lebih nyaman dan homey. Sementara untuk di ruangan tamu, akan lebih baik memanfaatkan cahaya alami yang masuk melalui jendela berukuran besar.

Inspirasi Desain Interior Urban Modern

Nah, setelah mengetahui beberapa tips penerapan desain Urban Modern, selanjutnya Interior Loka akan memberikan inspirasi desain yang mungkin bisa menjadi referensi!

1.    Ruang Makan Gaya Urban Modern

Desain ruang makan konsep Urban Modern. Ruangan didominasi oleh warna putih, semakin terasa lebih hidup karena ada sentuhan elemen kayu pada furniturenya seperti meja makan dan credenza. Pemilihan lampunya pun sangat unik, tidak hanya berfungsi untuk penerangan saja namun bisa menjadi tambahan elemen dekorasi yang dihadirkan secara lembut.

2.    Ruang Tamu Bernuansa Modern

Desain ruang tamu berikut juga termasuk bisa menjadi inspirasi penataan desain Urban Modern. Biarpun dalam desain tampak ruangan cukup luas, namun kamu masih tetap bisa mengaplikasikan pada ruangan kecil asalkan pemilihan furniturenya tepat.

Elemen natural dihadirkan melalui lantai. Cahaya alami masuk melalui pintu kaca sehingga bisa memaksimalkan penerangan di siang hari tanpa harus menggunakan lampu.

3.    Ruang Tamu Small Space Interior Urban Modern

Kalau inspirasi desain ruang tamu sebelumnya berukuran besar, inspirasi selanjutnya cocok sekali untuk ruang tamu berukuran kecil.

Small space dan tetap bisa terasa luas. Adanya jendela berukuran besar bukan hanya bisa memberikan penerangan alami, namun ada unsur ilusi yang membuat ruangan jadi lebih lapang. Ditambah lagi dengan warna dominan putih pada dinding, jadi makin cozy banget kan?

4.    Living Room yang Didominasi Furniture Berkaki Jenjang

Desain living room berikut sebetulnya menyatu dengan area makan dan kitchen. Penataan yang tepat mampu membuat setiap area memiliki space yang maksimal.

Furniture berkaki jenjang pun menjadi pilihan tepat untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Warna yang mendominasi adalah abu sehingga tampak lebih homei dan bergaya. Cocok sekali untuk desain rumah di Kawasan perkotaan!

Tiap konsep desain interior selalu memiliki ciri khas tersendiri, biasanya juga ada suatu tujuan yang ingin diciptakan pada sebuah ruangan. Begitu juga dengan Urban Modern, nuansa yang lebih santai namun tetap trendi dan kekinian.

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist