Pentingnya Pasang Cooker Hood Dapur

Cooker hood atau penghisap asap dapur, merupakan salah satu perlengkapan dapur yang cukup penting. Terlebih jika sirkulasi udara di ruang dapur kita tidak berjalan maksimal karena tempat yang sempit, tidak ada jendela atau karena desain dapur yang terlalu tertutup. Berikut ini akan kami rangkum manfaat cooker hood untuk referensi dapur yang rendah sirkulasi udara.

4 Manfaat Cooker Hood di Dapur

Selain mengurangi asap di dalam rumah tentunya masih banyak fungsi lainnya yang wajib kita ketahui. 

  1. Menjaga dapur dan ruangan yang berada di dekat dapur tetap bersih dan sehat. Selain itu, kondisi udara di dapur pun tetap segar, bebas pengap.
  2. Agar dinding dapur terhindar dari asap minyak. Asap minyak ini akan meninggalkan jamur pada dinding dapur dan mengotori ruangan dengan noda yang cukup sulit di hilangkan.
  3. Kita bebas memasak kapan saja, bahkan di tengah malam. Karena cooker hood sudah di lengkapi dengan lampu.
  4. Tampilan cooker hood yang stylish juga bisa membuat dapur kita tampil modern, mewah serta fungsional.

Macam-macam Merk Cooker Hood

Di pasaran atau di toko online sendiri cukup banyak produk cooker hood dengan desain dan ukuran beragam. Masing-masing produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita bisa menemukan merk Modena, Rinnai, Electrolux, dan lainnya, pada toko online dengan harga dan kualitas berbeda. 

Cara Memilih Cooker Hood

Karena banyaknya  merk cooker hood, supaya kita bisa mendapatkan produk yang tepat, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips memilih cooker hood ya kawan.

Sesuaikan Ukuran Cooker Hood

Sebelum mulai membeli cooker hood, kita harus mengukur panjang dan lebar kompor. Jika kompor kita berbentuk dua tungku, pilihlah cooker hood yang kecil dan panjangnya sesuai panjang kompor. Sebaliknya jika kompor kita berbentuk empat tungku, pilihlah cooker hood berukuran agak besar. Dengan demikian, asap dari kompor bisa terserap dengan baik. Umumnya cooker hood memiliki panjang antara 60,70,90 cm dengan lebar 50cm.

Ketahui Letak Control Panelnya

Posisi control panel cooker hood juga berbeda-beda, ada yang terletak di bagian bawah, tetapi ada juga yang di depan mesin. Letak control panel yang mudah di jangkau tentu akan memudahkan kita mengoperasikannya. Demi kemudahan, kami merekomendasikan cooker hood dengan control panel di bagian depan. Namun, sebelum membeli cooker hood, pastikan kita mengetahui posisi control panel-nya dan sesuaikan dengan kenyamanan kita ya.

Itulah beberapa tips pentingnya memasang cooker hood di dapur. Semoga artikel yang sederhana ini bisa membantu kita memilih cookerhood yang tepat dan nyaman ya. Yuk lihat inspirasi desain dapur lainnya disini.