Manfaat Walk In Closet Dan Tipsnya

Memiliki walk ini closet adalah impian perempuan manapun di dunia ini. kita setuju dengan ungkapan tersebut? Ruangan besar berisi rak-rak tinggi yang menyimpan baju, sepatu, dan tas koleksi. Kita  tentu menjadi bagian dalam merancang rumah impian. Tapi bagaimana caranya mereka bisa berevolusi menjadi ruang yang indah dan mewah seperti sekarang? Istilah closet mulanya hanya digunakan untuk sebuah kamar kecil yang bersebelahan dengan kamar tidur dan pribadi. Meskipun ukuran kamar ini bervariasi, kamar-kamar itu selalu khusus untuk orang kaya. Berikut manfaat walk in closet.

Mengenal Walk In Closet

Secara devinisi, walk in closet sebetulnya merupakan sebuah ruangan sebetulnya merupakan ruangan untuk menyimpan pakaian seseorang seperti pakaian, sepatu, tas, ikat pinggang, perhiasan, dan lainnya. Ruangan ini juga bisa menjadi tempat untuk berpakaian dan merias wajah. Letaknya yang biasanya di dekat kamar tidur bisa menjadi solusi penyimpanan bagi pemilik rumah. Layaknya perangkat furnitur dan rungan lain dalam sebuah rumah, desain walk in closet juga harus mempertimbangkan fungsionalitas dan estetika. Banyak yang bermimpi memiliki rumah dengan walk in closet yang ukurannya besar. Terbayang ya berapa banyaknya pakaian yang bisa kita masukkan ke dalamnya? Memang selalu menjadi persoalan yang timbul di rumah kalau punya banyak pakaian dan aksesoris tetapi ukuran penyimpanan terlalu kecil. Alhasil, dampaknya pakaian ditumpuk terlalu rapat sehingga menjadi kusut. Selain itu, tumpukan kotak sepatu bisa membuat kita kesulitan mencari pasangannya.Inilah fungsi walk in closet. 

Manfaat Walk In Closet

Sebernya banyak manfaat dari walk in closet , salah satunya menjadi isi lemari  tertata rapi dan memudahkan menemukan outfit favorit. Ide untuk menambahkan walk in closet mungkin dianggap terlalu mewah bagi sebagian besar orang. Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan dalam diri kita juga, kenapa ya banyak pemilik rumah justru bersaing memiliki walk in closet? Bahkan dalam hal luasan dan padatnya ruangan, membuat tambahan ruangan tetap jadi tugas berat dan hal yang merepotkan. Jadi, apakah walk in closet di butuhkan? Supaya tidak bingung, sebaiknya simak terlebih dahulu keunggulan walk in closet berikut ini. 

  • Privasi

Memiliki walk in closet akan menjadi manfaat besar ketika sebuah ruangan digunakan bersama antara dua orang atau lebih. Jadi kita punya ruang tambahan untuk berganti pakaian tanpa harus mengusir orang lain.

  • Lebih Banyak Ruang

Ketika di desain dengan baik, walk in closet bisa menghadirkan lebih banyak ruang penyimpanan. Termasuk membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih baik dalam hal luas lantai.

  • Terotganisir

Memiliki walk in closet, berarti kita bisa menyortir dan mengatur pakaian, sepatu, dan aksesori dengan lebih efektif. Menyenangkan, bukan? Selain itu, dengan semua fungsi kerapian dan keteraturan, kita pun bisa memilih pakaian lebih cepat dan mudah. Bayangkan saja, pusing bukan kepalang kalau kita mesti bersiap-siap pada pagi hari lalu masih mencari-cari pakaian di lemari yang kecil. Jadi memiliki walk in closet terbukti jauh lebih efisien dan mengurangi waktu untuk berpakaian.

  • Bagus Untuk Pakaian

Pakaian bisa jauh lebih baik dan lebih segar jika disimpan di lemari pakaian besar. Lemari yang lebih besar menyediakan banyak ventilasi pada pakaian, lho.

  • Efisiensi Ruang

Membuat walk in closet bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruang yang ada. Walk in closet bisa di bangun di bawah tangga dalam bentuk L. persegi, segitiga, atau apapun di bandingkan dengan lemari biasa. Jadi hal ini juga bisa membantu mempertahankan ruang dan ukuran tata letak kamar tidur kita.

Tips Membangun Walk In Closet

Memiliki ruang yang cukup besar untuk menyimpan sepatu, tas, dan pakaian, pastinya jadi bagian untuk membangun rumah impian. Hal itu juga menjadi solusi ideal untuk mengatur semuanya secara rapi. Tapi kenyataannya, tak peduli berapa luas ruangan yang dimiliki tetap saja masih menimbulkan kekacauan. Jadi sebenarnya, adanya ruangan kecil pun tetap bisa berfungsi untuk menyimpan barang-barang dan koleksi kita. Berikut ini, ada cara cerdas untuk membangun dan mengatur semua barang kita.

  • Optimalkan Sudut

Sudut ruangan seringkali menjadi ruang mati yang terbuang percuma dalam sebuah ruangan. Jangan sampai kita membiarkan hal itu terjadi. Kita bisa membangun walk in closet dengan tata letak yang dapat di sesuaikan.

  • Manfaatkan Ruangan Vertikal

Ruang vertikal bisa membuat kita menyimpan lebih banyak. Terapkan trik ini saat mendesain walk in closetSelanjutnya tinggal gunakan gantungan, rak terbuka, dan lemari pintu geser supaya bisa menyisakan ruang tambahan untuk membuat barang tambahan.Jika kita memiliki area yang terlalu sempit untuk membangunnya, bisa dipertimpangkan untuk menambah rak di kedua sisi ruang yang saling berhadapan. Tips ini akan menciptakan ilusi ruangan terpisah dan juga memanfaatkan ruang yang tersedia secara maksimal. Jadi kunci untuk membangun walk in closet adalah kreatif dan pandai dalam menggunakan ruang yang tersedia.

  • Tentukan Barang Yang Ingin Disimpan

Kita bisa buat daftar barang-barang yang akan kita simpan di lemari pakaian. jika sudah membuat daftarnya, desain furnitur bisa di buat lebih efektif. Misalnya, jika ingin menyimpan sepatu di ruangan ini, kita memerlukan kompartemen khusus untuk sepatu. Sementara bila ingin menyimpan kaos kaki, sarung tangan, jam tangan, atau aksesoris lainnya. Kita dapat memasang laci tertentu ke dalam lemari. Semua furnitur tambahan ini termasuk yang utama, juga harus di tata dengan rapi sehingga kita dapat mengakses semua item sekaligus dengan mudah sekaligus berdandan saat berada di dalam ruangan.

Itulah manfaat dan tips dari walk in closet. Ingin desain lainnya? Kunjungi website kami interiorloka.com