Panduan Menghitung Tinggi Meja Dapur Ideal Di Indonesia.

Membuat dapur, ternyata tidak hanya sekedar menaruh kompor dan perabotan lainnya, lo! Banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan, termasuk tinggi meja dapur yang ideal supaya aktivitas memasak lebih nyaman. Tahu gak sih, ukuran meja dapur di area masak ternyata memiliki patokan idealnya, lo. Bukan hanya karena faktor estetika, tetapi juga dengan pertimbangan kenyamanan pengguna nantinya. Pasalnya, jika ukuran meja dapur tidak ideal, risiko penghuni sakit punggung setelah memasak di dapur akan sangat tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kita mengetahui tinggi meja dapur yang ideal berikut ini, ya!

 

Panduan Tinggi Meja Dapur Sesuai Jenisnya

1.Panduan Tinggi Meja Dapur Basic yang Baik

Berapa sih tinggi meja dapu yang dianggap ideal di Indonesia? Ukuran ini tentu saja harus disesuaikan dengan rata-rata tinggi penghuni rumah. Jika penghuni memiliki tinggi 160-170 cm, tinggi meja dapur sebaiknya sekitar 90 cm dengan lebar 60 cm. Pasalnya, jika dibangun lebih rendah dari ini, kita harus membungkuk ketika menggunakan meja. Hal ini tentu membuat kita  merasa tak nyaman dan untuk jangka panjang berisiko mengakibatkan sakit punggung. Tentu saja, ukuran meja dapur ini merupakan perhitungan akhir yang sudah termasuk pelapis bagian atas, ya. Agar tampilannya cantik, kita bisa coba gunakan material granit pada meja dapur.

2. Panduan Ukuran Ideal Meja Dapur dengan Kompor

Berbeda dengan model basic, apabila meja menyatu dengan kompor maka ukurannya cenderung lebih rendah. Misalnya saja kita menggunakan kompor gas biasa, maka sebaiknya bangun meja dengan ketinggian 60-70 cm. Lalu jika kita menggunakan kompor tanam, maka sebaiknya buat meja dengan ketinggian 80 cm. Namun jika yang kita gunakan adalah kompor listrik, maka tidak perlu menurunkan tinggi meja dapur. Sebagai catatan, sebaiknya kita menggunakan keramik dengan ketebalan sekitar 3 cm untuk pelapis meja. Serta beri jarak 60-80 cm jika kita ingin memasang penghisap asap kompor.

3. Panduan Tinggi Kabinet untuk Kitchen Sink yang Ideal

Tak hanya meja untuk kompor, meja kitchen sink juga perlu penyesuaian ukuran, ya. Ini penting agar air tidak membasahi area masak ketika kita mencuci piring nantinya. Sebaiknya gunakan jenis sink satu bak agar tidak terlalu makan tempat, dengan ukuran permukaan 80-90 cm. Pastikan kita rutin memberishkan bak cuci piring agar tak menjadi sumber penyakit di rumah, ya.

4. Jarak Ideal Lemari atau Rak Dinding Atas

Untuk menyimpan berbagai peralatan masak, tentu dibutuhkan lemari atau rak dinding di atasnya. Ini merupakan alternatif penyimpanan tanpa mengurangi ruang di lantai. Idealnya, jarak antara permukaan atas lemari dengan permukaan lantai adalah sekitar 225 cm. Artinya, jarak meja dapur dan bagian atas lemari adalah sekitar 135 cm. jangan menyisakan ruang kosong antara plafon dan leamri, karena akan sulit membersihkannya. Jika kita membuat dua sekat lemari, pastikan jarak rak tertinggi dengan lantai sekitar 200 cm atau kurang. Tujuannya, agar tangan kita masih bisa menjangkaunya dengan mudah. Jika masih bingung,kita bisa coba mencari inspirasi desain dapur terlebih dahulu.

Semoga informasinya bermanfaat untuk kita ya. Simak artikel menarik lainnya di interiorloka.com dan kunjungi interiorloka.com untuk menemukan hunian impianmu!