Tips Sebelum Mendesain Kamar Tidur

Mendesain kamar adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan tapi cukup menantang. Seringkali kita lebih fokus pada desain dan dekorasi, tanpa menganalisa permasalahan dan kebutuhan kita sendiri. Hayo, siapa aja nih yang suka scroll mencari foto di pinterest! Ets! Tidak salah kok, tapi  sebelum ke tahapan desain ternyata banyak loh tahapan yang perlu kita ketahui dulu nih temen-temen.

Oh ya, kemarin kebetulan team workshop lagi set up desain kamar mba Titis, kira-kira ada yang masih inget gak desain kamarnya? Tenang, kamu masih bisa  lihat  di sini .

Nah kali ini aku mau berbagi tips nih mengenai tahapan-tahapan sebelum mendesain kamar tidur. Dari pengalaman yang sudah aku dapet dua tahun belakangan, kebanyakan orang bingung loh ingin memulai desainnya dari mana, sayang banget kan? Karena menurut aku kamar adalah salah satu ruangan yang perlu perhatian khusus dan merupakan ruangan yang paling lama kita gunakan sehari-hari dan desainya pun melibatkan banyak area penyimpan.

Jadi sebelum mendesain kamar tidur kamu bisa mulai dari self assesment terlebih dulu seperti bertanya pada diri sendiri, “Apa hoby saya?”,”Apa yang saya butuhkan?”,”Apa cita-cita saya untuk kamar ini?”. Langkah berikutnya adalah Preliminary Design seperti study tentang budget, layout dan konsep. Jangan lupa untuk tetap menyesuaikan perabot sesuai layout, karena hanya kamu yang tahu apa kebutuhanmu. Seperti lemari pakaian misalnya, apakah perlu di tambahkan cermin pada bagian pintu? Atau ada tempat khusus untuk kamu bercermin, mungkin meja cermin? Kamu juga tidak boleh lupa mengenai proporsi tubuh dengan perabotan yang ingin kamu masukan kedalam konsep seperti, ukuran ranjang, tinggi meja atau lemari pakaian. Dengan demikian kenyamanan aktivitasmu akan terjaga.

Pemilihan materialpun tidak kalah penting dalam tahap desain kamar. Banyak pilihan material untuk kabinet penyimpan seperti (Plywood , Hpl, Mirror dan Duco) dan material plavon seperti GRC, PVC, Gypsum dan kayu, pun dengan pencahayaan seperti lampu downlight, lampu gantung, juga hidden lamp. Untuk warna ruangan pastikan semua cocok dengan mood kamu ya supaya hasil desain lebih nyaman dan worth it!

Pengalaman aku mendesain beberapa kamar memang selalu membuat furniture kustom se-multifungsi mungkin, karena selain menghemat ruangan juga tetap menyesuaikan layout dan budaya lokal. Masih banyak loh dari temen-temen kita yang melakukan ibadah di dalam kamar. Jadi dalam hal mendesain memang sangat kompleks sampai ke point-point terkecil.

Banyak kok kelebihan kustomisasi furniture seperti pembuatannya yang memang sangat detail. Dalam pemilihan warna pun sangat mudah, karena #customers akan diberi banyak pilihan warna sehingga sangat memungkinkan untuk mendapat hasil yang ingin di capai. Nah, akhir-akhir ini Aku ditemani Ifan IT-Engineer interiorloka dalam pembuatan form Booking Desain untuk akses pemesanan desain.