Ingin Memaksimalkan Fungsi Kitchen Set Mini? Ini Triknya!

Kitchen Set Mini – Readers, apakah kebutuhan ruangan mu banyak namun lahannya terbatas? Kondisi ini cukup mengganggu loh kalau didiamkan dalam waktu lama. Ukuran yang terbatas memang memaksa kita untuk membuat ruangan yang lebih compact. Termasuk salah satunya adalah kitchen set mini. Furniture dapur ini cukup banyak ditemukan di studio apartemen sampai hunian-hunian berukuran minimalis.

Memaksimalkan Fungsi Kitchen Set Mini

Sayangnya, tidak sedikit yang masih meragukan kalau kitchen mini bisa memberi fungsi maksimal sama halnya seperti kitchen set yang memiliki ukuran cukup besar. Hemm, lantas bagaimana sih cara memaksimalkan fungsi kitchen mini kita? Interiorloka berikan triknya ya. Yuk simak ulasan berikut ini!

1.    Membuat Kabinet Penyimpanan Kitchen Set Mini Full Plafon

Ada banyak sekali desain kitchen set yang bisa diterapkan pada ruangan-ruangan berukuran terbatas. Nah, salah satunya adalah yang memiliki desain full cabinet sampai plafon. Sehingga, baik cabinet bawah atau atas, sangat mampu memaksimalkan space penyimpanannya. Apalagi bila perlengkapan dan peralatan dapurmu cukup banyak.

www.interiorloka.com

Pastikan juga, space yang ada memang dibuat sesuai kebutuhan. Misal untuk bagian cabinet bawah, kamu bisa coba membuat space untuk area rak piring bawah, laci-laci, dan gas. Sementara di bagian cabinet atas bisa dibuat space rak piring atas, storage tambahan, tempat microwave, dan lain-lain.

2.    Meminimalisir Detail pada Kitchen Set Mini

www.interiorloka.com

Selanjutya dari segi detail pun, hindari yang memang nampak rumit. Loh kenapa? Bukannya semakin detail aksen kitchen maka tampilannya semakin cantik? Memang sih akan tampak lebih cantik namun untuk ruang terbatas malah bisa memberikan kesan yang lebih sumpek. Gaya modern-minimalis yang minim detail namun nyaman sangat cocok kamu terapkan pada kitchen mini.

3.    Kitchen Set Mini Built In

Perabotan-perabotan dengan model built ini memang bisa menjadi solusi untuk kondisi ruangan terbatas. Di samping itu, kesan rapih pun akan semakin terasa. Nah, bukan hanya lemari pakaian saja yang bisa menerapkan konsep tersebut. Kitchen set mini juga bisa banget loh!

www.interiorloka.com

Beberapa elektronik seperti mesin pendingin atau microwave bisa kamu gabungkan dengan cabinet kitchen. Jadi, kamu harus membuat ruang space tersendiri khusus elektronik tersebut.

4.    Memaksimalkan Pencahayaan pada Area Kitchen Set

Kalau area dapur mu nyaman, tentu hal ini akan berpengaruh pada fungsi. So, trik selanjutnya adalah menghadirkan kenyamanan pada kitchen set mini dengan memaksimalkan pencahayaan alami. Hal ini mampu membuat ruangan terasa lebih luas. Adanya bukaan khusus untuk pencahayaan alami pun sangat bagus untuk menjaga sirkulasi udara di dapur, apalagi saat kita sedang memasak.

www.interiorloka.com

Tapi kalau dapur berada di ruangan yang tidak memiliki bukaan khusus, kamu bisa coba menggunakan pencahayaan buatan menggunakan lampu kerja yang berada di bawah cabinet plus penerangan utama yang ada di atap rumah.

5.    Menggunakan Backsplash Cermin

Trik selanjutnya untuk memaksimalkan fungsi area dapur adalah dengan memperhatikan beberapa elemen kitchen set dengan tepat. Salah satunya bagian backsplash atau pelindung dinding. Agar bisa memberikan kesan luas pada sebuah ruangan sempit, akan lebih baik bila kitchen mini menggunakan backsplash cermin.

www.interiorloka.com

Kenapa harus cermin? Karena bisa merefleksikan ruangan dan memberi kesan lebih luas sekaligus terbuka pada sebuah kitchen mini. Di samping itu, cermin juga masuk dalam kategori material yang sangat mudah untuk dibersihkan. So, akan sangat cocok nih untuk jenis kitchen mini!

6.    Menerapkan Warna-Warna Terang

www.interiorloka.com

Penerapan warna terang juga akan sangat membantu sekali. Khususnya sih untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan nyaman. Seperti warna putih atau kelompok warna pastel seperti cream. Kalau ingin mengkombinasikan dua warna, agar lebih hidup disarankan pilih motif wood grain (Serat kayu). Dengan begitu, tampilan kitchen akan tetap eye catching!

7.    Pilih Model Kitchen Set Mini

Kondisi ruang dapur tiap orang tentu berbeda-beda. Oleh sebab itulah ada banyak model bentuk kitchen mini, mulai dari yang berbentuk lurus, L dan juga U. Penerapannya, tergantung bagaimana luas ruangan.

www.interiorloka.com

Bila ruangan berada di pojokan yang menjorok kedalam, disarankan menggunakan model lurus atau L. Sementara bila ruangannya terbuka, kamu bisa menerapkan yang berbentuk U, dimana akan ada penambahan kitchen island sebagai item kitchen tambahan yang bisa difungsikan sebagai meja makan. 

8.    Gunakan Akses Pintu Kabinet Kitchen yang Mudah Dibuka

Agar bisa dengan leluasa membuka pintu cabinet di ruangan yang tidak terlalu luas, kamu bisa memilih desain pintu yang mudah diakses. Seperti pintu lipat atau bisa juga model sliding. Pada bagian cabinet atas, kamu juga bisa menggunakan pintu dengan bukaan ke atas (bukan ke pinggir), biasanya akan menggunakan engsel khusus.

www.interiorloka.com

Bagaimana, cukup membantu kan? beberapa trik di atas mampu memaksimalkan fungsi kitchen set mini. Namun, ada hal lain yang juga harus kamu perhatikan yaitu dari material dan fitting yang digunakan. Biarpun bentuknya mini kitchen, kamu harus tetap memilih material-material berkualitas ya.

Dari segi bahan baku, yang tergolong ekonomis dan direkomendasikan adalah golongan kayu olahan yaitu Plywood Multipleks, jenis kayu lapis yang di press menggunakan mesin bertekanan tinggi. Sementara untuk finishingnya ada bermacam-macam, namun yang lebih ekonomis dan berkualitas adalah HPL.

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist