4 Model Kitchen Set Minimalis untuk Dapur Kecil, Mana Pilihanmu?

Kitchen Set Minimalis – Merasa kurang nyaman dengan pengaturan dapur di rumah saat ini, karena terlihat berantakan dan sumpek? Salah satu alasan mengapa hal tersebut terjadi mungkin saja karena kamu belum membuat kitchen set yang sesuai dengan ukuran dapurmu. Apalagi bagi dapur kecil yang memiliki ukuran ruang terbatas, kesalahan dalam menentukan model kitchen malah bisa membuat dapur kurang multifungsi plus tidak bisa memenuhi kebutuhanmu secara maksimal.  

Rekomendasi Model Kitchen Set Minimalis untuk Dapur Kecil

Agar bisa memaksimalkan fungsi dapur serta membuatnya makin nyaman tanpa mengesampingkan nilai estetika, berikut ini Interior Loka merekomendasikan beberapa model kitchen set minimalis terbaru yang mungkin cocok dengan ukuran dapurmu. Penasaran dengan model-modelnya, langsung saja simak ulasan berikut ini ya!

1.      Dapur Kecil Leter U + Mini Bar

Bagi yang memiliki ukuran ruang dapur 7×3 meter dan ingin membuat kitchen set multifungsi lengkap dengan mini barnya, model leter U ini mungkin bisa menjadi pilihanmu?

dapur kecil

Pembuatan full cabinet, menyesuaikan dengan kebutuhan customer dan bisa memaksimalkan fungsi dapur itu sendiri. Beberapa space cabinet yang ada pada model desain di atas antara lain cabinet kulkas dan tambahan di bagian atasnya bisa untuk menyimpan koleksi perabotan dapur. Ada juga space untuk menyimpan perlengkapan dan peralatan memasak seperti wajan, panci, sendok, piring, dan lain-lain yang super maksimal. Lalu rak bumbu yang bisa membuat customer makin nyaman dengan area top tabelnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, material yang dipilih dalam pembuatan full set kitchen set juga harus diperhatikan. Pada gambar desain kitchen set di atas, bagian top table menggunakan material batu alam marmer yang lebih kuat dibandingkan kayu, tampilannya elegan dan bisa memperlihatkan kesan minimalis yang modern.

Sementara bagian backsplash atau pelindung dinding menggunakan material keramik yang mudah dibersihkan apabila terkena cipratan noda saat memasak. Lalu untuk bagian full kabinetnya menggunakan material plywood, pilihan finishingnya bisa HPL atau Duco. Tak lupa tambahan lampu kerja yang ditempatkan di bawah cabinet atas bisa memberikan pencahayaan tambahan untuk area kitchen.

Lengkapi juga dengan kompor tanam dan exhaust hood ya. Kenapa harus kompor tanam? Selain mudah dibersihkan tampilannya juga sangat modern sekali. Sementara exhaust hood tentu saja berguna untuk menjaga sirkulasi udara dapur agar tetap terjaga.

2.      Kitchen Set Leter L

Membuat model kitchen set dominan warna hitam, kenapa engga? Kalau penataannya tepat tampilan kitchen malah bisa bikin eye catching dan super nyaman banget.

Desain model kitchen set Leter L di atas terlihat sederhana, minimalis namun modern. Apalagi dengan cabinet-cabinet multifungsi yang dibuat sesuai kebutuhan. Dari samping kanan kita bisa melihat 3 area laci dan kabinet tambahan yang lengkap dengan pintunya. Di bagian dalam kabinet tersebut dibagi menjadi beberapa space menggunakan ambalan sehingga area penyimpanan makin maksimal. Bagian bawah wastafel pun tak dibiarkan terbuka dan dimanfaatkan untuk cabinet tambahan.

Tidak hanya di area bawah saja, namun memaksimalkan desain kabinet atas pun sangat penting dilakukan. Apalagi bagi yang memiliki banyak koleksi perlengkapan dan peralatan dapur.

Tampilan kitchen set di atas juga sangat elegan karena menggunakan warna hitam dengan finishing yang agak glossy atau mengkilap. Tambahan model keramik dinding yang bermotif pun membuat suasana dapur semakin hidup, cocok untuk yang terlalu suka desain monoton.

3.      Kitchen Set Model Lurus yang Simple & Multifungsi

Desain kitchen set model lurus ini bisa diaplikasikan pada dapur yang berukuran 2-3 meter. Untuk cabinet yang dibuat bisa menyesuaikan dengan ukuran ruangan dan kebutuhan.

desain kitchen set

Biarpun terlihat sederhana, namun kitchen ini multifungsi sekali loh. Full cabinet atas dan bawah memberikan banyak space agar bisa menyimpan cukup banyak barang. Penempatan kitchen yang dekat dengan jendela pun bisa membantu sirkulasi udara di dapur agar tetap terjaga. Jadi walaupun tidak menggunakan exhaust hood, kamu bisa lebih terbantu dengan adanya jendela tersebut apalagi saat memasak.

Bagian dinding dapur terlindungi oleh backsplash keramik, dengan begitu cipratan noda saat memasak akan mudah dibersihkan dan tidak mengotori tembok. Top table dari material batu alam marmer, memberikan kesan yang lebih luxury. Lampu kerja di bagian bawah cabinet atas, membuat penerapan dapur makin maksimal. Di samping itu, pemilihan warna kitchen set yang netral pun bisa semakin menonjolkan konsep minimalis pada sebuah ruangan.

4.      Kitchen Set Full Plafon

Bila model desain sebelumnya memiliki standar tinggi kabinet atas kurang lebih 80 cm maka berbeda dengan kitchen set minimalis berikut ini.

model kitchen set minimalis

Kabinet atas dibuat full sampai plafon, tidak ada space antara atap dan cabinet. Model kitchen set ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki ukuran ruangan dapur terbatas namun butuh space penyimpanan yang maksimal. Penerapannya pun bisa pada model dapur L, lurus atau U. Agar kitchen bisa bertahan lama maka kamu juga harus memperhatikan material yang akan digunakan untuk bahan bakunya. Bila tak mengerti, berkonsultasi dengan jasa pembuatan kitchen set professional sangatlah disarankan.

Tips Sebelum Membuat Kitchen 

Nah sebelum kamu custom kitchen set, ada beberapa tips tambahan yang barangkali bisa membantumu.

1.      Mengetahui Ukuran Dapur

Sebelum menentukan model desain, sebaiknya kamu ketahui dulu berapa ukuran atau luas dapur saat ini. Dengan begitu, penerapan desain pun sangat bisa menyesuaikan dengan ukuran sebenarnya.

2.      Mengetahui Space yang Dibutuhkan

Kamu juga perlu tahu mengenai space cabinet yang dibutuhkan, mau digunakan untuk apa saja? Hal ini akan memudahkan saat hendak membagi space cabinet pada kitchen set.

3.      Menentukan Biaya / Budget

Soal biaya pun harus kamu pertimbangkan sedari awal. Sebab nantinya akan berpengaruh pada proses pembuatan kitchen set mulai dari pemilihan material hingga produksi.

4.      Mempercayakan Pada Jasa Pembuatan Kitchen Set Profesional

Tips yang terakhir adalah mempercayakan kebutuhan kitchen set mu pada jasa profesional. Ingat, harus professional dan memang berpengalaman ya apalagi bila kamu menginginkan hasil terbaik.

Itulah pembahasan mengenai model kitchen set minimalis untuk dapur kecil serta beberapa tips yang harus dilakukan sebelum membuat kitchen. So, bagi yang sudah tak sabar ingin merombak dapur agar terlihat makin indah sekaligus multifungsi, yuk langsung saja konsultasikan pada jasa custom kitchen berpengalaman yang ada di daerahmu.

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist