Tips Membagi Zona Dapur Fungsional!

Jika kamu sedang berencana merenovasi atau membuat  dapur, sebelum menentukan tema dapur atau dekorasinya yuk coba rencanakan dulu sistem zona sesuai kebutuhanmu.

Secara umum dapur di desain dengan mempertimbangkan Segitiga kerja atau Kitchen Treangle. Istilah ini merujuk pada kegiatan dapur yang berfokus di sekitar kompor, bak cuci, dan kulkas. Ketiga titik tersebut merupakan kunci supaya kegiatan dapur terasa aman, nyaman, dan tentunya lebih praktis.

Pemilihan tata letak furniture juga dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan anggaran dengan membagi zona fungsi antara lain ;  menyimpan, menyiapkan, mencuci dan memasak.

Nah, kira-kira zona apa aja yang perlu kita perhatikan supaya dapur tidak hanya nyaman tetapi juga aman untuk kesehatan?

www.interiorloka.com

1. Zona Persiapan

Yang pertama adalah zona persiapan. Zona ini umumnya adalah area yang digunakan untuk kegiatan mengolah makanan seperti mengupas, meracik , memotong  dan sebagainya. Supaya tetap nyaman buatlah area persiapan cukup luas agar tetap leluasa untuk kegiatan memasak, baik masak kecil maupun besar. Seperti pada desain dapur AD House ini zona persiapanya kami letakan di sebalah kanan.

www.interiorloka.com

2. Zona Memasak

Berikutnya adalah zona memasak yang pada umumnya di gunakan untuk menempatkan kompor atau oven. Perhatikan juga saat kamu meletakan sebuah panci yang mungkin akan lebih tinggi 15-20cm dari permukaan countertop. Buatlah tinggi meja se-ideal mungkin sesuai postur tubuh kamu supaya nyaman untuk kegiatan memasak, terutama saat mengangkat tangan karena bisa jadi kalau  mejanya terlalu tinggi kegiatan memasak jadi sangat melelahkan loh.

www.interiorloka.com

3.Zona mencuci

Point ketiga adalah zona dimana area ini digunakan untuk mencuci atau membersihkan peralatan memasak dan juga bahan makanan. Zona mencuci biasanya berdekatan dengan rak piring supaya  mudah dalam mengorganisir peralatan memasak setelah di cuci, begitu juga dengan rak sendok yang juga mempermudah mengorgansisir garpu dan sendok. 

www.interiorloka.com

4.Zona penyimpanan

Berikutnya dan yang terakhir adalah zona penyimpanan, supaya kebersihan dapur tetap terjaga zona penyimpanan berfungsi untuk meletakan alat-alat dapur sesuai fungsinya sehingga  lebih mudah di temukan. Penambahan kabinet pada sebuah dapur sangat cocok untuk kamu yang menginginkan kebersihan dan mutu sebuah dapur fungsional. 

www.interiorloka.com

Jika kamu memiliki kesempatan untuk membuat dapur fungsional kira-kira bagian apa yang ingin kalian tambahkan dari point di atas tadi? yuk share pendapat kamu di komentar ya!