5 Tips Desain Ruang Tamu Minimalis, Bikin Betah!

Ruang Tamu Minimalis – Readers punya rumah minimalis emang harus super duper diperhatikan banget. Apalagi saat menata ruangan-ruangan di dalamnya. Kamu nggak mau dong bikin rumah makin sempit karena salah penempatan furniture dan dekorasi. Khususnya sih buat ruangan tamu yang memang menjadi sorotan utama saat seseorang masuk ke dalam suatu rumah. Setidaknya sebagai pemilik, kita bisa memberikan fasilitas yang nyaman pada tamu saat berada di ruangan tersebut.

Tips Desain Ruang Tamu Minimalis

So berkaitan dengan ruangan tamu, kali ini Interioloka akan memberikan tips desain ruang tamu minimalis yang bisa bikin betah dan dengan mudah kamu aplikasikan. Penasaran apa saja? Langsung simak ulasan berikut ini ya.

1.    Menggabungkan 2 Fungsi Ruangan

Sebagian orang biasanya memisahkan antara ruang tamu dan ruang keluarga. Namun bila kondisi rumah tidak terlalu besar, kamu bisa kok untuk menyatukan kedua ruangan tersebut menjadi satu.

www.interiorloka.com

Tata ruangan senyaman mungkin dengan menempatkan furniture-furniture yang berukuran tidak terlalu besar dan pastikan juga harus multifungsi. Desain di atas bisa menjadi referensi mu saat akan menggabungkan dua fungsi ruangan menjadi satu.

Mulai dari konsep interiornya, nampak kental dengan nuansa minimalis. Di samping itu, pemilihan warna cat temboknya yang netral membuat kesan luas pada ruangan. 

Ruang tamu dengan jendela tentunya memiliki suply pencahayaan yang bagus pada siang hari. Agar semakin nyaman, kamu bisa menambahkan partisi yang didesain multifungsi  Manfaatkan bagian storagenya untuk menyimpan berbagai benda lain agar tidak berantakan, sementara di permukaan atas partisi bisa digunakan untuk memajang beberapa koleksi pribadi seperti foto, buku, atau tanaman hias.

Agar suasana semakin nyaman dan bikin betah, kamu bisa memasukan unsur-unsur dekoratif. Tidak terlalu berlebihan, tempatkan secara lembut pada beberapa elemen. Seperti kain karpet, standing pot, lukisan gantung, dan lain-lain.

2.    Ruang Tamu Minimalis yang Menggunakan Cat Tembok Berwarna Terang

Tips selanjutnya berkaitan dengan warna cat tembok. Ada berbagai macam warna yang bisa digunakan. Namun untuk ruang tamu minimalis berukuran kecil sangat disarankan mengadopsi warna-warna terang. Ingin menggunakan 2 atau 3 warna juga bisa sekali, asalkan memang selaras.

Sumber gambar: nndekorrumah.com

Inspirasi desain di atas bisa menjadi referensi. Warna terang yang diaplikasikan membuat ruangan menjadi terasa lebih luas, iya nggak? Apalagi bila bagian plafonnya cukup tinggi. Efek ilusi ruangan benar-benar akan semakin maksimal.

3.    Ruang Tamu Minimalis dengan Memanfaatkan Fungsi Dinding Secara Maksimal

Tips desain ruang tamu minimalis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fungsi dinding. Baik untuk menaruh dekorasi atau membuat ambalan multifungsi. Namun, jangan sampai terlalu berlebihan memanfaatkannya ya. Perhatikan proporsi dan pemilihan elemen yang akan ditaruh pada dinding.

www.interiorloka.com

Misal, bila ingin menambah kesan dekoratif maka pilihlah benda-benda yang memang membuat ruangan semakin hidup tanpa membuat sempit. Seperti lukisan abstrak atau tanaman hias.

4.    Jangan Salah Pilih Sofa, Perhatikan Fungsi dan Desainnya

Pemilihan sofa yang akan ditaruh di ruang tamu juga harus kamu pertimbangkan dengan tepat ya. Menyesuaikan dengan ukuran ruangan dan konsep interior. Untuk kondisi ruangan minimalis, Interiorloka merekomendasikan 2 jenis sofa.

www.interiorloka.com

Pertama, sofa dua seater atau dua tempat duduk. Dengan begitu tidak terlalu memakan space sehingga sirkulasi tetap nyaman dan ruangan terjaga keleluasaannya. Kemudian yang kedua adalah dengan penggunaan stool atau sofa bulat yang tentunya akan lebih menghemat space yang ada. So, pilih yang mana ?

5.    Sekat Ruangan untuk Ruang Tamu Minimalis

Ruangan sempit yang disekat biasanya akan terasa makin sempit. Nah, agar hal tersebut tak terjadi pada ruangan mu sebaiknya gunakan sekat ruangan model slim namun multifungsi yang terdiri dari beberapa ambalan susun. Dengan begitu, ruangan tak akan terlalu sumpek karena memiliki celah diantara ambalannya yang memberikan efek ilus tersendiri.

Sumber gambar : pinterest

Malah bisa semakin dekoratif bila menaruh beberapa benda pada bagian ambalannya. Semakin multifungsi furniture yang kamu pilih maka akan semakin menguntungkan juga untukmu.

Membuat Furniture untuk Ruang Tamu Minimalis

Readers, di atas sudah disampaikan beberapa tips untuk membuat ruang tamu minimalis jadi multifungsi dan orang-orang yang menggunakan pun semakin nyaman. Pada dasarnya, hal paling utama yang harus dipikirkan matang-matang adalah dari segi pemilihan furniture.

Lantas, dimana dan bagaimana bisa mendapatkan furniture untuk ruang tamu minimalis? Memang sih ada banyak sekali toko-toko furniture yang bisa kamu kunjungi. Namun mereka menjual barang jadi, alias sudah jelas ukuran dan desainnya. Sehingga kamu tidak memiliki pilihan untuk menyesuaikan dengan ruangan di rumah.

Oke readers itu saja ulasan singkat mengenai ruang tamu pada artikel kali ini. Kalau kamu membutuhkan konsultasi terkait kebutuhan interior, kamu bisa banget konsultasi dengan Interior Loka. Caranya tinggal klik di sini ya!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist