Desain Interior Japandi, Simple dan Estetik Banget!

Desain Interior – Berbagai macam konsep desain interior mampu menyesuaikan dengan karakter seseorang. Oleh sebab itulah, bila karakter dan desainnya selaras maka rasa nyaman akan hadir secara alami. Nah, sekarang ini telah muncul satu konsep interior yang sangat unik yaitu Japandi Style. Desain ini menyatukan antara budaya timur dan barat sehingga nampak sangat berbeda, direkomendasikan untuk orang-orang yang memiliki makna filosofis kehidupan yang tinggi serta menyukai kesederhanaan.

Desain Interior Japandi

Japandi merupakan perpaduan konsep Japanese & Scandinavian yang disingkat menjadi ‘’Japandi’’. Seperti yang kita ketahui kalau kedua gaya desain tersebut memiliki sentuhan berbeda dan cukup kontras. Namun keduanya sama-sama menonjolkan nilai estetika dan sisi minimalis. Biarpun berbeda konsep, namun melalui pengaturan Japandi, mampu menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Elemen Penting dalam Konsep Interior Japandi

Ada elemen penting yang tampak jelas diterapkan pada konsep Japandi yaitu unsur tradisional namun tetap elegan. Sebuah makna filosofis ‘’Wabi-Sabi’’ pun menjadi hal yang memang ingin ditonjolkan. Arti dari makna tersebut adalah terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan’’.

Ada pula sedikit campuran desain modern-rustic versi Scandinavian yang biasa dikenal dengan istilah ‘’hyge’’ (dibaca: hoo-ga). Sehingga konsep ini pun nantinya akan memperlihatkan sisi homeyness dan coziness pada desain interior ruangannya. Elemen-elemen tersebut pada akhirnya mampu menghasilkan perpaduan yang harmonis.

desain interior
gudangfurniture.com

Ingin Menerapkan Desain Interior Japandi pada? Ini Tipsnya!

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa Scandinavian memang desain interior yang istimewa. Biasanya hanya diterapkan oleh orang-orang ber karakter penuh ketenangan serta memiliki makna hidup yang filosofis.

Apakah kamu tertarik dengan desain interior Japandi dan ingin coba menerapkan di rumah? Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu!

1. Memilih Warna-Warna Netral untuk Diterapkan pada Dinding

Hal pertama yang harus kita lakukan saat akan menata ruangan menggunakan konsep Japandi adalah memilih warna netral untuk diterapkan pada dinding ruangan. Kebanyakan orang lebih memilih warna putih yang terkesan netral dan mudah dipadu padankan dengan berbagai konsep ruangan.

Lantas, kenapa sih harus netral? Sebab, warna-warna tersebut bisa menciptakan kesan kesederhanaan pada sebuah ruangan. Sehingga mampu mendukung penataan perabotan atau furniture Japandi hingga dekorasinya. Di samping itu, warna netral juga bisa memberi efek ilusi pada ruangan sempit sehingga bisa terasa lebih luas. 

So, Japandi tidak hanya cocok diterapkan pada rumah modern berukuran besar saja namun bisa juga diterapkan pada rumah berukuran kecil.

2. Desain Interior Japandi Memaksimalkan Unsur Kayu pada Ruangan

Japandi Style umumnya didominasi oleh unsur kayu yang biasa diterapkan pada furniture seperti meja, credenza, sofa, nakas, dipan, lemari pakaian, dan lain-lain. Kamu juga bisa sekali menerapkan unsur kayu tersebut pada area lantai menggunakan vinyl atau parket.

3. Desain Interior Japandi Memilih Furniture Interior yang Berwarna Gelap dan Terang

Furniture yang akan kamu gunakan di dalam ruangan pun harus sangat diperhatikan. Pilihlah yang memiliki warna lebih gelap. Tidak harus solid atau polos, bila ingin memberikan sentuhan wood grain pada finishingnya juga bisa sekali.

Penggabungan antara dinding yang berwarna netral dengan furniture yang tonenya lebih gelap masih bisa memberikan kesan luas, bersih, dan menyegarkan. Nah, inilah yang sebetulnya ingin diciptakan oleh Japandi. 

Namun harus sedikit diperhatikan bila kamu ingin memberikan sentuhan wood grain pada furniture, pilih warna yang lebih muda atau light wood ya.

4. Furniture Sederhana dan Fungsional

Kesamaan konsep desain interior minimalis dan Japandi adalah dari segi pemilihan furniture yang berbentuk sederhana namun tetap fungsional. Ukurannya tidak terlalu besar, membuat ruangan masih terasa luas. Kehadiran furniture juga lebih mengutamakan ‘’kebutuhan’’ dibandingkan ‘’keinginan’’.

Oleh sebab itulah memilih yang space-saving harus diutamakan dibandingkan yang desainnya rumit namun tidak maksimal dari segi penyimpan. Contoh furniture space-saving adalah sebuah divan yang di custom berbeda, memiliki area storage maksimal. Jadi, bagian permukaan atas bisa digunakan untuk tidur sementara sisi kanan, kiri, dan belakang untuk area laci.

5. Elemen Dekorasi yang Sederhana namun Tetap Artsy

Ingin menampakan kesan artsy pada ruangan tidak harus dengan dekorasi berlebihan kok. Desain Japandi masih bisa terlihat berseni dengan elemen dekorasinya yang sederhana, tidak berlebihan.

Beberapa dekorasi yang bisa kamu pilih diantaranya lukisan dinding bernuansa alam atau abstrak berukuran kecil, dan benda-benda antic tak terlalu besar seperti guci atau mangkuk. Atau, kamu juga bisa sekali menerapkan elemen dekorasi pada perabotan utama seperti lampu yang bentuknya tidak biasa, kursi yang lengkungannya nampak elegan, dan lain-lain. Bahkan elemen kain seperti karpet atau gorden pun bisa sekali loh memberikan unsur dekoratif secara alami.

6. Menghadirkan Nuansa Alam pada Ruangan

Selain menjadi bagian dari elemen dekorasi, kehadiran tanaman di dalam ruangan juga ternyata bisa memberikan banyak manfaat diantaranya mampu mengurangi stress, membuat kita jadi lebih fokus, hingga meningkatkan kualitas udara.

Pada desain Japandi kamu bisa memilih tanaman-tanaman berukuran sedang. Untuk penempatannya bisa memanfaatkan sudut ruangan, atau bila terdapat ambalan kamu bisa menaruhnya di atas ambalan.

7. Memanfaatkan Cahaya Alami dari Jendela Berukuran Besar

Salah satu kiblat interior Japandi adalah gaya Jepang. Biasanya setiap rumah di Jepang memiliki jendela berukuran besar tujuannya agar cahaya matahari bisa masuk secara maksimal. Di samping itu, matahari juga membantu kita untuk lebih menghemat listrik dan menjaga tingkat kelembaban udara di dalam ruangan. 

Bagi yang sedang membangun rumah, mungkin bisa dipertimbangkan untuk membuat jendela berukuran besar. 

8. Berkonsultasi pada Jasa Interior Profesional di Daerahmu

Mengadopsi konsep interior yang bisa dibilang unik dan baru adalah tantangan tersendiri. Apalagi bila kamu sangat ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh sebab itulah, berkonsultasi pada jasa interior profesional di daerahmu sangat direkomendasikan. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menyewa jasa profesional diantaranya bisa mengetahui penataan yang tepat sesuai karakter ruangan hingga membuat perencanaan biaya sesuai kebutuhanmu.

Readers, Japandi Style memang berbeda dengan konsep interior lainnya. Selain menciptakan ruangan yang indah dan nyaman, Japandi juga memiliki makna filosofis seperti yang sebelumnya sudah disampaikan. So, hanya orang dengan karakter tertentu saja yang biasanya tertarik dengan gaya interior satu ini.

Bila kamu jatuh cinta dengan gaya interior Japandi, yuk cari referensi desain yang kamu inginkan dan jangan lupa konsultasikan pada jasa interior profesional ya!

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist