Home Living Konsep Open Space untuk Hunian Modern? Bisa Banget Dong!

Home Living – Hallo sahabat interior, siapa disini yang suka nonton drama korea atau minimal pernah deh? Nah, kalau memang pernah, pasti kamu juga sempat melihat kondisi rumah yang ditampilkan dalam beberapa drakor, khususnya yang memiliki nuansa modern open space. Dimana aka nada beberapa fungsi ruangan dalam satu ruangan besar yang terbuka tanpa sekat. 

Konsep open space sendiri sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat modern. Alasan mengapa menggunakannya karena bisa membuat rumah tampak lebih luas dan tidak sesak. Sekalipun ukuran ruangan masuk dalam kategori minimalis terbatas. Bagaimana Cara Menerapkan Konsep Open Space?

Nah, sahabat interior kali ini Interiorloka akan memberikan inspirasi interior yang memang berkaitan dengan konsep tersebut. Sebab dalam penerapan open space, kamu harus memperhatikan interiornya. Mulai dari bentuk, ukuran hingga tata letak benar-benar harus dipertimbangkan dengan matang.

So, langsung aja yuk simak rekomendasi desain open space berikut ini biar lebih tervisualisasi!

1. Open Space Home Living Menggunakan Interior Minimalis Semi Industrial

Rekomendasi desain yang pertama berkonsep minimalis semi industrial. Dimana, pemilihan furniture benar-benar menyesuaikan dengan ukuran ruangan dan sangat minim detail profil seperti interior klasik. Sementara untuk nuansa industrialnya hadir lewat elemen besi yang diterapkan pada kaki meja, kursi, sofa dan perabotan lainnya. 

www.interiorloka.com

Elemen woodgrain semakin melengkapi nuansa dan suasana ruangan, membuatnya semakin lebih hidup. Tambahan elemen dekoratif hadir melalui karpet motif yang tidak terlalu ramai dan lampu gantung. 

Bila melihat pada gambar desain 3D di atas, kamu juga tidak akan menemukan partisi atau pembatas ruangan baik dalam bentuk permanen atau non permanen. Keuntungannya, ruangan akan terasa lebih luas. Namun untuk kekurangannya semua area akan terlihat jelas. Tapi sebetulnya hal tersebut tidak akan jadi masalah kalau memang kamu pandai merawat interior rumah.

2. Open Space Interior Home Living Modern Minimalis

Inti dari interior minimalis pada dasarnya adalah menampilkan kesederhanaan sehingga bisa memberikan nuansa nyaman pada psikologi seseorang. Nah, konsep open space kali ini bukan hanya sekedar minimalis namun ada kesan modern yang nampak secara lembut. 

www.interiorloka.com

Seperti desain home living satu ini. Nuansa modern yang nyaman, tidak terlalu berlebihan bahkan tidak monoton. Bagian kitchen area dibuat multifungsi, memaksimalkan penggunaan cabinet full plafon dan kitchen island. Kamu bisa lebih praktis menyajikan makanan setelah memasak. Kalau mau langsung menyantapnya juga bisa banget!

Masih berada dalam satu ruangan, terdapat area meja makan dan area sofa untuk tamu atau berkumpul keluarga. Bila melihat pada karakter masyarakat Indonesia yang sangat kekeluargaan, konsep ini sangat cocok diterapkan. 

Tips Menerapkan Konsep Open Space Pada Home Living

Sahabat interior, bagaimana inspirasi desain di atas? Sudah cukup menginspirasimu belum? Nah, selanjutnya Interior Loka juga akan memberikan beberapa tips agar konsep open space bisa kamu terapkan juga. 

1. Hadirkan Warna-Warna Lembut pada Ruangan

Warna lembut atau soft bisa memberikan ketenangan pada psikologis. Oleh sebab itulah banyak sekali rumah yang menerapkan warna pastel pada huniannya. Kamu bisa mengkombinasinya 2-3 warna, namun harus tetap selaras. Tidak hanya pada bagian tembok, furniture-furniture di rumahmu pun bisa berpengaruh pada psikologis warna ruangan. 

2. Perhatikan Ukuran Furniture untuk Home Living

Saat memutuskan untuk menggunakan konsep home living kamu harus tau berapa detail ukuran ruanganmu? Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah saat akan menentukan furniture yang akan digunakan. 

Misal untuk area dapur, bila spacenya kecil namun kamu butuh tempat penyimpanan banyak. Buatlah model kitchen yang bagian cabinet atasnya full sampai plafon. Lalu, bila ruangan tidak cukup untuk menaruh meja makan, kamu bisa memanfaatkan penggunaan meja bar atau kitchen island sesuai dengan ukuran ruangan. Bentuknya juga harus yang full cabinet agar tidak hanya sekedar dijadikan sebagai meja saja namun bagian bisa menjadi tempat penyimpanan tambahan. 

Lalu untuk area ruang tamu yang merangkap dengan ruang keluarga, gunakanlah sofa yang nyaman, minimal 2 dudukan. Bila memungkinkan, gunakan jenis sofa bed agar semakin multifungsi. Pilih kain sofa yang senada dengan warna ruangan. Kalau perlu hadirkan corak yang lembut pada kainnya agar memberikan nuansa lebih dekoratif. 

3. Pilih Furniture-Furniture yang Multifungsi

Pertimbangkan juga jenis furniture yang multifungsi. Seperti kitchen island full cabinet yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nah, bila kamu memutuskan untuk custom furniture maka itu sangat membantu sekali. Sebab kamu bisa mendesainnya sesuai dengan kebutuhanmu. Seperti sofa yang tidak hanya untuk tempat duduk saja. Mungkin kamu bisa membuatnya lebih berguna dengan menghadirkan laci tambahan di bagian bawah. Begitu juga dengan mejanya. 

4. Ingin Pakain Sekat Ruangan? Gunakan yang Transparan!

Apakah konsep open space tidak boleh menggunakan penyekat ruangan? Sebetulnya boleh saja, namun perhatikan desain dari sekat tersebut. Sangat dianjurkan menggunakan model transparan dimana seluruh ruangan masih terlihat jelas bila dilihat dari sudut manapun. Kenapa harus transparent? Tentu saja agar mengembalikan pada alasan kenapa open space tersebut dihadirkan di rumahmu yaitu agar terasa lebih luas dan homy.

Bagaimana sahabat interior, terinspirasi menggunakan open space pada hunian? Bila membutuhkan konsultasi interior terkait furniture konsep open space, kamu bisa sekali konsultasi gratis di sini ya.

Yuk tetap stay at home dengan nyaman dan jangan stress! 

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist