Mengenal Bahan Material Kitchenset

Dapur merupakan salah satu area di dalam rumah yang paling sering kita gunakan dari mulai mengolah masakan, menyiapkan, hingga makan bersama anggota keluarga. Banyaknya kegiatan yang berada di ruang dapur membuat area ini susah terorganisir. Pembuatan kabinet seperti kitchenset menjadi salah satu cara untuk mengorganisir benda atau alat-alat dapur. Dengan adanya kabinet membuat kita mudah dalam menyiapkan,  menyimpan dan membagi zona alat-alat tertentu supaya lebih praktis dan mudah di temukan.

Dalam memproduksi dan mewujudkan custom furniture interiorloka menggunakan bahan-bahan material berkualitas baik seperti multipleks/plywood, blokboard, melaminto yang di finish dengan duco maupun HPL (High Pressure Laminate).

Berikut adalah karakteristik bahan-bahan yang kami gunakan dalam memproduksi furniture.

1.Plywood / Multipleks

Plywood atau multipleks dibuat dari kayu solid yang kemudian diolah menjadi lembaran-lembaran tipis  kemudian di rekatkan dengan tekanan tinggi. Lapisan permukaan terluar dibuat lebih kuat dari lapisan tengah untuk mengurangi resiko pemuaian dan bowing (tekanan tekuk).

Plywood berbeda dengan MDF dan partikel board karena plwyood merupakan kayu solid murni dalam proses pembuatannya. Sedangkan MDF dan partikel board biasanya merupakan campuran dan serpihan dari kayu solid, jerami, resin, dan material lainnya yang di press menjadi papan. Plywood pada umumnya memiliki ketebalan 3,6,9,12,15,18 mm.

Plywood seringnya digunakan dalam pembuatan meubel karena memiliki kualitas yang baik dan lebih padat dalam penggunaan kontruksi. Sedangkan dalam segi kepraktisannya plywood berupa lembaran lembaran papan yang mudah di potong, sehingga lebih mudah dan cepat untuk memproduksi furniture.

metsawood.com

2. Melaminto

Melaminto adalah bagian dari decorativ plywood yang dilapisi pewarna untuk memperindah tampilan. Berbeda dengan ketebalan plywood yang variatif melaminto hanya memiliki ketebalan 3mm saja. Melaminto biasa digunakan untuk lapisan dalam kabinet seperti lemari, kithenset, buffet dan lain sebagainya untuk membuat hasil akhir yang rapih.

3. Blokboard

Blokboard merupakan kumpulan potongan kayu solid yang sudah mengalami proses pemadatan kemudian di satukan dan di rekatkan menjadi papan. Blokboard memiliki unsur yang melapisi sehingga permukaannya cenderung halus. Blokboard juga seperti plywood yang bisa digunakan untuk membuat kontruksi dalam pembuatan meubel seperti lemari, kabinet kitchenset dan lain sebagainya.

roberts-plywood.com

4. HPL High Pressure Laminate

HPL High Pressure Laminate merupakan pelapis luar bagian furniture dengan bahan plastik sintetis berupa laminasi bertekanan tinggi. Produk ini terdiri dari beberapa lapisan antara lain kraft yang di resapi resin fenolik, decorative paper, dan laminasi bening. Lapisan-lapisan ini di produksi dibawah tekanan dan suhu tinggi 1000kg permeter persegi dengan suhu 140 derajat celcius. Lembaran laminasi ini menghasilkan material yang kuat, tahan lama, higienis serta menawarkan desain dan aplikasi beragam. HPL dapat di aplikasikan pada permukaan vertikal dan horizontal dan dapat dipanaskan untuk membentuk kontur atau lekuk tertentu tergantung pada tingkat ketebalannya.

Warna-warna yang beragam dari HPL juga mudah di padu padankan dengan konsep interior dan bisa dibuat sesuai keinginan serta hasil yang ingin dicapai, sehingga lapisan HPL sangat cocok untuk pembuatan lemari atau kabinet kustom sesuai keinginan kita.

Nah, sudah terbayang belum mengenai bahan dan material kithcenset? Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar material bahan kitchenset jangan sungkan ya untuk tinggalkan pertanyaan di komentar.