Pilihan Material Kitchen Set Modern dari Kayu Olahan, Mana yang Paling Kuat?

Kitchen set modern – Dapur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang mempunyai peran penting. Apalagi untuk para Ibu Rumah Tangga yang setiap harinya menggunakan dapur untuk memasak. So, tak heran kalau sebagian orang sangat memperhatikan penataan ruangan satu ini.

Material Kitchen Set Modern

Salah satu cara untuk menata dapur agar semakin nyaman, rapi dan estetik adalah dengan kitchen set modern. Berbagai macam gaya interior bisa diaplikasikan melalui kitchen sehingga bisa memaksimalkan peran dapur itu sendiri.

Apakah kamu sedang berencana untuk membuat kitchen set juga? Kalau iya, sebaiknya kamu perhatikan material apa yang digunakan ya. Bukan hanya sekedar konsep desain, namun kekuatannya juga harus terjamin. Kamu nggak mau dong harus mengeluarkan biaya ekstra karena kerusakan furniture kitchen yang tak terduga.

Oleh sebab itulah Interior Loka akan coba mengulas beberapa material kitchen set yang memang banyak digunakan. Baca sampai beres ya, agar kamu bisa mempertimbangkan material yang cocok untuk diaplikasikan pada kitchenset mu.

1.    Multipleks, Material Kitchen Set Modern Olahan dari Kayu Lapis

Multipleks atau disebut juga plywood merupakan jenis kayu olahan dengan tingkat kekuatan bisa bertahan hingga 15 tahun. Bahan dasarnya adalah kulit kayu berlapis yang di press dengan tekanan tinggi. Jadi, tekstur lapisan kayunya sangat rapat. Itulah yang membuat multipleks lebih kokoh, di samping itu daya tahan terhadap airnya pun terbilang baik.

Material ini bisa menjadi pilihanmu untuk membuat kitchen set dapur basah atau kering. Nah, karena terdiri dari serat kayu serta kulit kayu yang permukaan luarnya lebih kuat dibandingkan tengah sehingga multipleks cukup tahan terhadap proses pemuaian serta tak mudah menekuk.

Namun, tidak hanya kelebihan saja, multipleks juga memiliki kekurangan yakni harganya yang terbilang lebih mahal. Biarpun begitu, kualitas yang didapatkan sebanding kok.

2.    Blockboard, Material Kitchen Set Modern yang Terdiri dari Potongan Kayu

Selanjutnya adalah blockboard, material ini mempunya kemiripan dengan multipleks namun lapisan blockboard terdiri dari potongan kayu, disusun secara horizontal. Sementara kalau multipleks disusun secara vertical.

Bila membandingkan soal harga, blockboard terbilang lebih murah dibanding multi sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis dalam pembuatan kitchenset. Hanya saja kalau soal tingkat keawetan, material ini masih kalah dibandingkan multipleks.

3.    MDF, Material Kayu Olahan dari Serbuk Kayu

Dan material kayu olahan yang ketiga adalah MDF atau Medium Density Fiberboard. Terbuat dari serbuk kayu yang dipress bertekanan tinggi. MDF biasanya digunakan sebagai rangka dalam pembuatan furniture, termasuk kitchen set. Nah, kalau soal harga bila dibandingkan 2 material sebelumnya, MDF jauh lebih murah.

Hanya saja kalau soal kekuatan sangat rawan sekali, apalagi untuk dapur basah. MDF tidak mempunyai ketahanan pada air, sehingga kalau ingin mengaplikasikan pada dapur basah sebaiknya dipertimbangkan kembali ya.

Pilihan Finishing Kitchen Set Modern

Setelah mengetahui beberapa jenis kayu olahan yang bisa digunakan untuk pembuatan kitchenset, selanjutnya kamu juga harus menentukan finishing yang akan digunakannya. Ada banyak pilihan pilihan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1.    HPL

HPL singkatan dari High Pressure Laminate, merupakan material finishing furniture berbentuk lembaran. Digunakan sebagai penutup pada permukaan atas. Material ini terbuat dari resin dan decorative paper, mempunya banyak pilihan warna serta corak. Sehingga sangat bisa menyesuaikan dengan selera atau konsep desain dapur.

Kelebihan dari HPL adalah sangat praktis dan mudah diaplikasikan, sebab hanya membutuhkan lem perekat khusus saja. Namun tetap harus dilakukan oleh profesional agar hasilnya rapih. HPL juga mudah dibersihkan, aman dan ramah lingkungan. Soal harga pun sangat ekonomis! Kekurangannya, bila tingkat rekat lem yang digunakan tidak baik maka HPL mudah terbuka.

2.    Decosheet

Material finishing furniture selanjutnya adalah decosheet atau biasa disebut juga taco sheet. Terbuat dari bahan plastic yang jauh lebih tipis bila dibandingkan HPL. Namun karena bentuknya tipis decosheet lebih mudah dibentuk. Sehingga sangat direkomendasikan untuk finishing furniture yang memiliki lengkungan. Sebab sangat fleksibel bahkan tidak mudah mengelupas.

Kekurangannya, karena material decosheet jauh lebih tipis jadi tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Di samping itu, decosheet juga tidak tahan minyak dan panas.

3.    Cat Duco

Material finishing yang terakhir adalah cat duco yang merupakan tipe finishing termahal bila dibandingkan 2 finishing sebelumnya. Duco mampu membuat tampilan dapur makin elegan dan menarik perhatian. Pilihan warna serta coraknya pun variative. Cat duco lebih mengutamakanan kekuatan sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal.

Ada dua pilihan finishing duco; tipe glossy dan tipe doff. Kalau yang glossy sudah jelas akan lebih mengkilap sementara yang doff tidak terlalu. Di samping itu, karena harga duco terbilang mahal membuat orang-orang berpikir kembali untuk menggunakan finishing duco. Proses pengerjaannya pun lebih lama dibandingkan HPL atau decosheet.

Tips Memilih Material Kitchen Set Modern

Interiorloka memiliki sedikit tips bagi yang ingin membuat kitchenset. Dalam proses pemilihan furniture sebaiknya jangan hanya soal harga yang dipertimbangkan namun kelebihan, kekurangan serta proses perawatan. Sebab bisa saja material mahal dengan kualitas baik namun kita tidak mampu merawatnya membuat furniture malah jadi cepat rusak. Berbeda dengan material dengan harga standar namun kita tahu bagaimana perawatan yang tepat sehingga furniture bisa bertahan dalam waktu lama.

Pertimbangkan juga fungsi dari kitchen set yang akan dibuat. Apakah akan digunakan untuk dapur kering atau dapur basah? Di atas sudah dipaparkan bahwa ada karakteristik material yang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan panas sehingga kurang bagus bila diaplikasikan pada kitchen set dapur basah.

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai pilihan material kayu olahan untuk pembuatan kitchenset dan bagaimana tips memilih material yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantumu dalam proses pembuatan kitchenset kedepannya ya! Untuk meminimalisir kesalahan, sangat direkomendasikan kalau kamu bisa berkonsultasi dan custom furniture pada jasa interior profesional yang berada di daerahmu seperti jasa furniture pekalongan, jasa furniture jawa timur, dan lain-lain.

So, sudah siap membuat kitchenset? Yuk rencanakan dari sekarang! 

Nabilah Kautsar

Freelance Content Writer & Social Media Specialist